Olly Ingin Pariwisata Sulut Jadi The Second Bali

Bersama pemilik Lion Air Rusdi Kirana, ODSK didampingi GSVL dan Kapolda Sulut saat menjemput rombongan turis asal China TiongkokBersama pemilik Lion Air Rusdi Kirana, ODSK didampingi GSVL dan Kapolda Sulut saat menjemput rombongan turis asal China Tiongkok

Manado-Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, menjadikan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia sebagai momentum untuk mendorong sektor pariwisata di wilayah yang dipimpinnya.

"Harapan besar kami di tengah sukacita seluruh rakyat Indonesia dan masyarakat Sulut yang merayakan hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-71, pariwisata di Sulut bisa menjadi The Second Bali (Bali kedua) di Indonesia," katanya dalam keterangan persnya di Jakarta, Rabu (17/08/2016).

Olly mengakui infrastruktur penunjang pariwisata di Sulut masih minim. Namun, pihaknya terus mengoptimalkan pembangunan infrastruktur untuk menunjang sektor pariwisata. "Hal itu bukan menjadi suatu halangan bagi kami, melainkan suatu tantangan dalam rangka memajukan pariwisata di Sulut," ujarnya.

Politikus PDIP itu mengungkapkan, saat ini maskapai penerbangan mulai banyak yang tertarik membuka rute penerbangan menuju Manado, baik dari domestik maupun luar negeri. Ia berharap sampai Desember 2016, bertambah 12 rute penerbangan per hari.

"Ada dari Brunei, Korea, dan Jepang. Sehingga target 1 hari 2500 turis bisa tercapai," kata mantan anggota DPR RI itu.

Selain itu, dirinya juga mendorong Kabupaten dan Kota se-Sulut membuat agenda-agenda pariwisata berskala nasional maupun internasional. Saat ini, Dinas Pariwisata Sulut telah bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata untuk menyelenggarakan sejumlah acara. "Misalnya, di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan akan di selenggarakan Festival Teluk Tomini," ucapnya.

Olly menambahkan, dengan meningkatnya sektor pariwisata diharapkan mampu membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Sulut. (tim/sulutonline).