352 Calon Jamaah Haji (CJH) Asal Sulut Resmi Dilepas Gubernur

Disaksikan Wagub Kandouw dan Ketua Dewan Sulut serta  Kakanwil Kemenag Sulut H Drs Soleman Awad MPdi, Gubernur sulut serahkan bantuan untuk CJH SulutDisaksikan Wagub Kandouw dan Ketua Dewan Sulut serta Kakanwil Kemenag Sulut H Drs Soleman Awad MPdi, Gubernur sulut serahkan bantuan untuk CJH Sulut

Manado-Calon Jamaah Haji dari Sulawesi Utara (Sulut) yang akan menjadi tamu Allah di Makah Al Mukaromah, dilepas Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE di Asrama Haji Tuminting Manado, Minggu (21/08/2016). Kesempatan itu Gubernur telah memberikan bantuan sebesar Rp 2 Juta kepada setiap anggota CJH.

Saat menyampaikan sambutan Gubernur berharap, selama menunaikan Ibadah Haji kiranya para Jamaah asal Sulut dapat menciptakan rasa kebersamaan, saling tolong menolong, saling menghormati dan saling menghargai untuk membingkai watak dan iman umat Muslim sebagai insan yang beriman dan menjadi pelopor pemersatu bangsa.”Karena dalam pelaksanaan Ibadah Haji akan bertemu umat Islam dari seluruh penjuru dunia dengan adat istiadat, kebersamaan, gaya hidup dan budaya berbeda,”ujarnya.

Namun Gubernur percaya umat Muslim Sulawesi Utara mampu memahami makna pelaksanaan Ibadah Haji yang sesungguhnya. Senantiasa menjaga dan mempertahankan citra dan image Provinsi Sulut sebagai daerah yang sangat mencintai kedamaian dan kerukunan, meskipun hidup diantara perbedaan.

Untuk tahun 2016 ini, CJH Sulut mengalami pengurangan dibanding Tiga tahun sebelumnya, sebanyak 700 orang sesuai kuota yang ditetapkan pemerintah pusat. Keberangkatan CJH Sulut, melalui serangkaian proses administrasi, tes kesehatan maupun bimbingan ibadah dan doa haji.”Persiapan tersebut, bermaksud agar calon haji dapat menunaikan Ibadah Haji secara maksimal selama berada di tanah suci,”jelas Kakanwil Kemenag Sulut H Drs Soleman Awad MPdi.

Awad menambahkan, CJH asal Sulut sendiri, terbagi dalam dua kloter yakni kloter 10 dan 11. Untuk kloter 10 sebanyak 352 orang, berasal dari Kota Manado, Bitung, Kabupaten Minahasa Utara, Minahasa, Talaud, Sitaro, serta Sangihe. Sedangkan daerah lainnya yakni Bolmongraya, Minahasa Tenggara dan Minahasa Selatan , Tomohon masuk dalam rombongan kloter 11.

Rencananya sebelum diterbangkan ke tanah suci, ratusan CJH ini diinapkan di asrama haji Tuminting. Setelah itu mereka diberangkatkan menuju embarkasi Balikpapan Senin (22/08/2016) dini hari, selanjutnya diberangkatkan ke Jeddah, Arab Saudi pada Selasa (23/08/2016) nanti.

Diketahui, dalam pelepasan ini, CJH asal Manado yang termuda berusia 20 tahun, sedangkan yang paling tua berusia 79 tahun. Turut hadir dalam acara tersebut Wagub Drs Steven Kandouw dan Ketua DPRD Sulut Andrey Angow. (tim/sulutonline).