Sekilas Tentang Pulau Bangka

Pesisir Pantai Pulau BangkaPesisir Pantai Pulau Bangka


Pulau Bangka
, terletak di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Indonesia dengan luas 4.800 hektar terdiri dari tiga desa, yaitu Lihunu, Kahuku, dan Libas.

Pulau Bangka adalah pulau kecil yang memiliki 4 diving resorts. Pulau ini sedang dalam perjalanan menuju perkembangan wisata bahari. Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara bahkan sedang gencar mempromosikan daerahnya sebagai diving spot kelas dunia, yan tidak akan bisa ditemui lagi di tempat lain. Mengingat, kekayaan alam bawah lautnya sungguh luar biasa mempesona

Di Pulau Bangka terdapat lebih dari 25 titik penyelaman dengan terumbu karang dan penghuni laut yang cantik, seperti frogfish, kakap biru bergaris, atau redtooth triggerfish.

Gugusan Batu Karang Pulau Bangka
Batu Karang Menyerupai Dinosaurus di Pulau Bangka

Bangka juga dikenal sebagai segitiga emas keanekaragaman hayati laut, bersama Taman Nasional Bunaken dan Selat Lembeh.

Keindahan pesisir dan tebing di Pulau Bangka Minahasa Utara menjadi potensi wisata yang bisa dikembangkan untuk menambah penghasilan asli daerah (PAD). Namun sayang dugaan terjadinya eksploitasi tambang pasir besi yang terjadi di sekitar kawasan pulau ditengarai akan merusak keindahan alam dan ekosistem di pulau tersebut. Keindahan pulau ini terancam..! (Baca berita terkait: Tidak Boleh Ada Pertambangan di Pulau Bangka !, red)- (Tim/sulutonline).

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options

By submitting this form, you accept the Mollom privacy policy.