Ketua Komnas HAM dan Walikota Manado Mediasi Ijin Pendirian Rumah Ibadah

nas HAM RI Muh Imdadun RahmatWalikota GSVL saat memimpin rapat mediasi pendirian rumah ibadah yang turut dihadiri Ketua Komnas HAM RI Muh Imdadun Rahmat

GSVL: Dari Kota Manado Untuk Indonesia

Manado
-Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut mewarning agar perusahaan pengembang PT Cita Graha Selaras untuk segera merubah siteplan lokasi perumahan Gritma di Kecamatan Mapanget. Menyusul, perusahaan tersebut tidak menyediakan lokasi untuk rumah ibadah.

“Harus ada revisi siteplan agar Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) bagi 3 (Tiga) rumah ibadah (Masjid Jabal Nur, Gereja Advent, Pantekosta, red) di kompleks perumahan tersebut segera dikeluarkan. Deadlinenya sampai 3 (Tiga) minggu ke depan, tapi kalu bisa lebih cepat lebih baik,”tegas Walikota GSVL dalam pertemuan mediasi bersama Ketua Komnas HAM RI M Imdadun Rahmat serta BKSAUA, FKUB, Dinas Tata Kota dan perwakilan warga kompleks perumahan Gritma Mapanget, Kamis (20/102016) di Pemkot Manado.
Walikota GSVL ikut menandatangani kesepakatan bersama terkait ijin pendirikan rumah ibadah
Dalam mediasi tersebut terungkap, pihak perusahaan ternyata tidak menyertakan lokasi untuk tempat rumah ibadah di perumahan tersebut, sehingga pihak Dinas Tata Kota Manado tidak berani mengeluarkan IMB.

Alhasil, Ketua KOMNAS HAM RI Muh Imdadun Rahmat mengaku terpaksa harus turun sendiri untuk melihat langsung kondisi lapangan.”Saya terpaksa harus turun lapangan langsung, karena banyak kasus pelanggaran HAM terkait kebebasan umat beragama. Dari data yang ada tercatat sebanyak 5000 kasus, dan tahun 2016 ini baru sekitar 4000-an kasus yang ditindaklanjuti dan sebanyak142 kasus rumah ibadah termasuk di Bitung dan Manado yang sementara di tangani bersama,”ungkapnya seraya menyatakan terima kasih pada Walikota GSVL atas sambutan dan pertemuan tersebut.

Ketua Komnas HAM juga mengingatkan agar kita harus saling menghormati dan toleransi, karena Indonesia berdiri diatas toleransi dan saling meghormati. Dia juga menyarakan agar pihak pengembang juga sebaiknya menyediakan lokasi buat rumah ibadah bagi komunitas agama lainnya agar tidak terjadi resistensi.
Ketua Komnas HAM RI M Imdadun Rahmat ikut mendatangani kesepakatan bersama
Selain itu, kunjungan Ketua Komnas HAM RI ke Pemkot Manado secara khusus mengundang Walikota GSVL untuk hadir dalam peringatan Hari Hak Azasi Manusia Internasional tingkat nasional tahun 2016, yang direncanakan akan dilaksanakan di Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah, 10 Desember mendatang. "Kedatangan saya ke Manado juga untuk mengundang Pak Vicky selaku Walikota Manado, untuk hadir dalam peringatan Hari HAM Internasional tahun 2016 di Banjarnegara nanti," tandas Imdadun Rahmat.

Dalam pertemuan penuh kekeluargaan tersebut telah dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama untuk pendirian rumah ibadah termasuk kemudahan mendapatkan IMB. Turut menandatangi Ketua Komnas HAM RI M Imdadun, Walikota GSVL, Ketua BKSAUA Manado Pdt Roy Lengkong, Ketua FKUB Manado Pdt Renata Ticonuwu dan Kakanwil Agama Kota Manado dan perwakilan warga perumahan Gritma Mapanget.

Usai penandatangan Walikota GSVL kepada wartawan menghimbau agar seluruh warga Kota Manado untuk tetap menjaga tolerensi antar umat beragama.”Karena torang samua ciptaan Tuhan. Mari kita jaga bersama toleransi antar umat beragama. Saya berharap contoh yang baik seperti pertemuan ini bisa menginspirasi bagi kita semua. Dari Kota Manado untuk Indonesia,”kuncinya Walikota GSVL. (LIPUTAN KHUSUS).