GSVL Tantang Pengda Manado Gelar Kejuaraan Muaythai Tingkat Nasional Tahun 2017

Walikota GSVL dan Wawali Mor saat penutupan Kejurda seni bela diri MuaythaiWalikota GSVL dan Wawali Mor saat penutupan Kejurda seni bela diri Muaythai

Manado-Sukses menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) seni bela diri Muaythai memperebutkan Piala Walikota Manado di Atrium Manado Town Square 3, pada tanggal 24-26 November 2016, Walikota Manado DR Ir G.S Vicky Lumentut SH MSi DEA, menantang Pengurus Daerah (Pengda) Muaythai Indonesia Kota Manado untuk melaksanakan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) tahun 2017 mendatang.

Menurut Walikota, tantangan tersebut diberikan kepada Pengda Muaythai Kota Manado setelah melihat animo masyarakat dan keikut-sertaan atlit-atlit Muaythai Manado yang mulai menggeluti seni bela diri asal negara Thailand itu.
Penyerahan piala dalam Kejurda seni bela diri Muaythai
"Saya melihat animo masyarakat sangat besar terhadap cabang olahraga Muaythai ini. Banyak atlit-atlit muda bermunculan untuk mengharumkan nama Kota Manado dan Sulawesi Utara umumnya di kancah nasional maupun internasional. Oleh karena itu, saya tantang untuk menggelar Kejuaraan Nasional Muaythai tahun 2017. Bagaimana setuju," tandas Walikota GSVL saat menutup Kejurda Muaythai Kota Manado, seraya mendengar langsung sorak pengurus, atlit dan masyarakat yang kompak menyatakan setuju dengan tantangan tersebut.

Walikota GSVL juga berjanji akan menyediakan fasilitas ring khusus olahraga Muaythai. Sehingga, arena yang digunakan tidak lagi meminjam ring tinju dari Persatuan Tinju Nasional (Pertina) Sulut."Saya akan sediakan ring khusus untuk olahraga Muaythai, tidak seperti ini menggunakan ring tinju milik Pertina. Tahun depan saat kejurnas nanti, ring yang digunakan benar-benar ring untuk pertandingan Muaythai," tukas orang nomor satu di Manado itu.
GSVL saat menutup Kejurda seni bela diri Muaythai
Lanjut dikatakan Walikota GSVL, dengan adanya pertandingan resmi Muaythai ini, kenakalan-kenakalan remaja seperti perkelahian dan tawuran antar kampung yang kerap terjadi di Manado akan diminimalisir karena akan benar-benar tersalur hobi dan uji nyalinya.

"Silahkan salurkan hobby olahraga ekstrem 'bakalae' tersebut, di arena pertandingan seperti Muaythai seperti ini. Saya berharap dengan adanya kegiatan-kegiatan olahraga bela diri ini, kerawanan dan tawuran antar kampung semakin berkurang dan bahkan tidak ada lagi," kata Walikota GSVL.
 Antusiassme warga Manado terhadap bela diri Muaythai saat Kejurda
Dalam Kejurda Muaythai tahun 2016 yang diselenggarakan 24-26 November ini, keluar sebagai juara umum tim dari SMA Negeri 9 Manado. Penyerahan piala Walikota dan uang pembinaan dilakukan Walikota GSVL bersama Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE.

Tampak hadir Wakil Ketua DPRD Sulut Marthen Manopo SH MH, Ketua DPRD Manado Nortje Van Bone, Dandim 1309 Manado Letkol ARM Toar Pioh, Pengurus Pusat Muaythai Indonesia Winarto, Ketua Pengda Muaythai Sulut Reynaldo Heydemans, Ketua KONI Kota Manado Hengky Kawalo, Ketua Pengda Muaythai Kota Manado Arthur Rahasia, Sekretaris Kota Manado Drs H Rum Usulu serta sejumlah kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di jajaran Pemerintah Kota Manado.(tim/sulutonline)