Gubernur Ingatkan Warga Korpri Jadi Pemersatu Bangsa

Gubernur Olly Dondokambey SE didampingi Wagub Kandouw menyerahkan bantuan secara simbolis yang diterima Sekdaprov Sulut Edwin Silangen SEGubernur Olly Dondokambey SE didampingi Wagub Kandouw menyerahkan bantuan secara simbolis yang diterima Sekdaprov Sulut Edwin Silangen SE

Manado-Gubernur Olly Dondokambey SE, Jumat (02/12/2016) pagi, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), dalam Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-45 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) tahun 2016, di halaman kantor gubernur. Upacara peringatan HUT KORPRI tersebut dirangkaikan dengan peringatan hari AIDS Sedunia tahun 2016 yang diperingati pada tanggal1 Desember.

Gubernur saat membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo selaku Penasihat Nasional KORPRI, menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada segenap Keluarga Besar KORPRI yang sudah dan sedang mengemban tugas, tanggung jawab serta pengabdian kepada Negara, Bangsa dan rakyat di seluruh penjuru tanah air.

Presiden RI juga mengapresiasi Tema HUT ke 45 KORPRI Tahun 2016 “Bersama KORPRI Meneguhkan Netralitas dan Meningkatkan Profesionalisme Aparatur Sipil Negara” yang sangat tepat semangatnya dalam menyambut pesta demokrasi Pemilukada serentak tahun 2017.

Disamping itu Gubernur juga mengajak kepada seluruh warga Korpri pada momentum Pilkada Serentak 2017 sebagai ajang ujian atas netralitas dan profesionalisme. “Ujian untuk menerapkan Panca Prasetya KORPRI. Pengabdian anggota KORPRI bukanlah kepada kepentingan kelompok maupun individu melainkan kepada Negara, Bangsa dan rakyat,”ingatnya.

Lebih lanjut dikatakan Gubernur Olly, ketika kita bicara tentang pemberantasan korupsi dan pungli, peningkatan kualitas pelayanan publik, tentang memenangkan kompetisi global dengan pelayanan publik yang prima, maka sesungguhnya anggota KORPRI berada di garis depan perjuangan.

"Presiden RI menghimbau untuk segera tinggalkan pola pikir masa lalu seperti ego sektoral, mental priyai, mental penguasa dan mental koruptif yang hanya terpaku pada formalitas belaka. Fokuskan energi pada Intisari dari pelayanan publik yaitu memberikan pelayanan terbaik kepada rakyat,"tegas Gubernur.

Ditandaskan agar setiap anggota KORPRI haruslah menjadi aset bangsa yang menjadi bagian dari solusi bangsa dan bukannya menjadi bagian dari masalah bangsa. Korpri akan segera bertransformasi menjadi Korps Profesi Pegawai Aparatur Sipil Negara RI.

"Diharapkan Korps ini menjadi pusat inovasi dan tempat lahirnya loncatan-loncatan kemajuan dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Pemerintahan, Korps berperan menjaga kode etik profesi, standar pelayanan profesi dan mewujudkan jiwa Korps ASN sebagai pemersatu bangsa,"ujar Gubernur.

Disela - sela pelaksanaan Upacara, secara simbolis Gubernur menyerahkan penghargaaan kepada sejumlah ASN yang bertugas selama 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun, Karya Satya Lencana dan penyerahan bantuan bea siswa S2, S3 kepada mahasiswa Unsrat dan Unima serta bantuan nutrisi untuk orang HIV-AIDS sebesar 10.000.000 untuk 50 ODHA serta penyerahan gedung sekolah Korpri SMA kepada dewan pengurus Korpri yang diterima langsung oleh Sekdaprov Sulut.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Gubernur Sulut Drs Steven Kandouw, Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Edwin Silangen SE, Unsur Forkopimda Sulut dan seluruh ASN lingkup pemprov Sulut.(tim/sulutonline)