14 Februari Hari Perjuangan Sulawesi Utara

Peringatan Hari Perjuangan Sulut - 14 FebruariPeringatan Hari Perjuangan Sulut - 14 Februari

Manado-Tanggal 14 Februari dikenal sebagai “Hari Perjuangan Sulawesi Utara” dimana para pejuang daerah dipimpin Komandan Taulu dan Wuisan Cs, mampu mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari tangan bangsa penjajah, atau yang dikenal saat ini sebagai peristiwa heroik perjuangan Merah Putih yang pernah terjadi di Sulut.

Demikian, Wakil Gubernur DR Djouhari Kansil, MPd saat bertindak selaku Inspertur Upacara memperingati 66 Tahun Peristiwa Heroik Perjuangan Merah Putih 14 Februari 1946, Selasa (14/02) di ruang mapalus Kantor Gubernur Sulut.

Peristiwa ini bagi pemerintah dan warga Sulut tak akan pernah dilupakan begitu saja, karena pasca kemerdekaan RI yang diroklamirkan Bung Karno dan Bung Hatta pada 17 Agustus 1945 lalu, diakuinya sebagian besar Wilayah Indonesia Timur masih dikuasai bangsa penjajah, namun demi mempertahankan kemerdekaan RI yang baru seumur jagung itu, kaum nasionalis daerah ini menghimpun seluruh potensi kekuatannya secara gigih dan tepatnya jam 1 tengah malam, Taulu dan Wuisan dibantu komandan Frans Bisman dan Freddy Lumanau mulai melakukan aksi penyergapan dan menangkap seluruh tentara beserta komandan penjajah mulai dari Manado, Tomohon hingga Girian Tonsea berhasil di tumpas.

Bukan hanya itu saja para pejuang nasionalis lainnya yang sedang ditawan berhasil dibebaskan seperti Nani Wartabone, OH Pantouw, Geda Dauhan termasuk John Rahasia dan Chris Pontoh yang waktu itu dikenal sebagai pimpinan Pemuda BPNI, ujar Kansil.

Ke-esokan harinya dihadapan komandan KNIL De Vries, Komandan Taulu dan Wuisan menyatakan “Kami bersama pemuda sedang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dan ini kami pertahankan”, kata Kansil sembari menyebutkan, sejak saat itulah Bendera Merah Putih berkibar di daerah Bumi Nyiur Melambai tercintai ini.

“Karena itu diharapkan, Generasi Muda dapat memahami peristiwa merah putih ini dengan benar, karena para pejuang pendahulu kita telah melakukan yang terbaik bagi daerah dan NKRI. Kiranya semangat merah putih akan terus menjiwai kita dalam membangun Sulut lebih baik dari hari ini,”kata Kansil seraya memberi apresiasi positif kepada Ivan Sarundajang selaku Ketua Umum DPP Angkatan Muda Merah Putih 14 Februari 1946, yang telah memprakarsai terselenggaranya upacara ini.

Ikut hadir para siswa SD,SMP, SMA, Ormas serta Unsur TNI/Polri dan Pol. PP. Serta pejabat sipil dan TNI/Polri. (Tim/sulutonline).

Hey! Do you know if they make

Hey! Do you know if they make any plugins to safeguard against hackers?
I'm kinda paranoid about losing everything I've worked hard on. Any suggestions?

It's not my first time to

It's not my first time to visit this web page, i am browsing
this web page dailly and obtain nice information from here all the time.

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options

By submitting this form, you accept the Mollom privacy policy.