Pimpin Apel di Akhir Tahun 2016 , Walikota GSVL Ingatkan ASN Seputar OPD Baru

acara Camat Tikala M Sofian SSTPWalikota GSVL saat apel akhir tahun jajaran Pemkot Manado yang dikomandani pemimpin upacara Camat Tikala M Sofian SSTP

Manado-Seluruh ASN (Aparatur Sipil Negara) di Jajaran Pemerintah Kota Manado, Senin (05/12/2016) pagi, di lapangan Sparta Tikala mengikuti apel awal bulan Desember sekaligus apel di akhir tahun 2016 yang dipimpin langsung Walikota DR GS Vicky Lumentut didampingi Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE dan Plt Sekot Drs Rum Usulu.

Diawal sambutannya, Walikota GSVL panggilan akrab Ketua Dewan Pengawas APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) mengajak para pegawai di jajaran Pemkot Manado untuk bisa terus berpacu pada pelayanan ke tengah masyarakat, dengan melakukan pelayanan maksimal dan prima, meski diketahui memasuki bulan Desember ini kita ASN yang nasrani akan disibukkan dengan persiapan menyambut hari raya Natal.
Walikota GSVL saat menerima penghargaan yang diserahkan Plt Sekot Drs Rum Usulu
"Kita boleh disibukkan dengan segala persiapan jelang hari Natal, tapi kita sebagai pegawai abdi negara jangan lupa dan kendor dalam melakukan pelayanan ke tengah masyarakat. Karena kita sebagai ASN di beri tanggung-jawab dan kepercayaan, untuk melaksanakan semua tugas-tugas negara itu," tegas Walikota GSVL seraya mengucapkan selamat para ASN untuk menyambut Natal Yesus Kristus 25 Desember nanti.

Dijelaskannya, menjelang penetapan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang baru dan akan diberlakukan mulai bulan depan atau Januari 2017, diingatkan kepada seluruh ASN di Kota Manado khususnya yang memegang jabatan, maupun yang akan kena mutasi. Kiranya tetap memegang teguh tanggung-jawab maupun etos kerja, dimana semua peraturan perundang-undangan tidak akan lepas mengawal dan mengawasi ASN yang ada di SKPD baru maupun yang sudah ditinggalkan karena mengalami pergeseran kursi jabatan. Itu semua dalam pengamatan dan pengawasan pihak BPK (Badan Pemeriksa Keuangan), jangan masa bodoh apalagi acuh tak acuh lari dari tanggung-jawab yang sebelumnya diberikan.
Walikota GSVL saat menerima penghargaan Natamukti Satria dari Kadis Koperasi Ir Ricky Poli yang pada pekan lalu mewakili GSVL di Pulau Dewata Bali
"Saya hanya mau ingatkan dan mewarning, agar jika terbentuk OPD baru nanti. Semua ASN yang memegang jabatan maupun yang akan melepas jabatan, untuk boleh tetap bertanggung-jawab atas apa yang telah dilakukan. Jangan sampai terkesan menghindar apalagi lari tanggung-jawab, jika ada pemeriksaan pihak BPK nanti. Untuk itu, jangan ada ASN yang seakan-akan menolak bertanggung-jawab pada pekerjaan sebelumnya, meski sudah pindah atau memiliki jabatan lainnya," beber GSVL meyakinkan.

Usai memimpin apel, Walikota GSVL menerima Penghargaan Indonesia Smart Nation Kategori Kota Menengah atau Silver Champion yang pada akhir pekan lalu diterima Plt Sekot Manado Drs Rum Usulu mewakili Walikota GSVL di Jakarta. Selanjutnya juga menerima penghargaan Natamukti Satria, yang pada akhir pekan lalu juga di terima Kadis Koperasi Ir Ricky Poli mewakili Walikota GSVL di Pulau Dewata Bali. Dimana Kota Manado termasuk 15 kabupaten kota yang mendapat penghargaan Natamukti Satria, sebagai kota yang memacu dan mendorong perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) oleh Presiden ICSB dan Menteri Koperasi UKM RI Puspayoga.

Adapun apel akhir tahun 2016 ASN Pemkot Manado ini, selaku pemimpin upacara Camat Tikala M Sofian SSTP dengan dihadiri seluruh kepala SKPD dan pegawai dari 87 kelurahan dan 11 kecamatan di Kota Manado.(LIPUTAN KHUSUS)