Dihadiri Wakil Dubes Palestina, Olly Dondokambey SE Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Prof DR Jimly Asshiddiqie saat membawakan TauziahKetua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Prof DR Jimly Asshiddiqie saat membawakan Tauziah

Ketua ICMI Puji Gubernur Sulut Pertahankan Kerukunan di Sulut

Manado
-Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Prof DR Jimly Asshiddiqie, memuji gubernur Sulut Olly Dondokambey SE yang berinisiatif melaksanakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, 1438 Hijriah / 2016 Masehi, yang juga ikut dihadiri oleh Wakil Duta Besar (Dubes) Palestina Taher Ibrahim di graha Bumi Beringin Manado, Senin (12/12/2016) malam.

Jimly saat membawakan Tauziah dalam acara peringatan yang dihadiri ratusan umat Muslim tersebut menyatakan, rasa syukurnya pada Allah, karena peringatan Maulid bertepatan dengan HUT ibu Gubernur Ir Ritha Dondokambey Tamuntuan.”Ini menjadi luar biasa dan lebih luar biasa lagi, dalam waktu dekat ini akan diperingati perayaan Natal. Inisiatif dari pak gubernur melaksanakan Maulid di tempat ini merupakan contoh yang baik bagi seluruh kepala daerah di Indonesia. Menjadi pemimpin memang harus demikian, yakni pemimpin bagi seluruh umat. Terima kasih dan salut buat pak gubernur Sulut,”ujarnya.
Foto bersama menuju Sulut Hebat dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW
Dikatakannya, saat ini seluruh dunia sedang dilanda krisis berkepanjangan dan terjadi perang dimana-mana. Indonesia sebagai Negara ke empat terbesar dengan pemeluk agama Islam terbanyak di dunia. Dan Sulut mayoritas Kristen, selain Bali mayoritas Hindu, jika kita tidak inklusif maka Negara kita berbahaya.

“Makanya dalam Natal nanti jangan lagi ada issu terror bom yang hanya menakuti warga,”ingatnya seraya menekankan, jangan ada lagi hal-hal berbentuk demo yang hanya membuat resah masyarakat. Begitupun di DKI urusan Pilkada hanya satu orang saja sibuknya hampir se dunia. “Serahkan saja kepada pihak hukum yang objektif. Proses hukm jalan, juga Pilkada jalan. Daerah lain tidak usah terpengaruh,”tegasnya.

Makanya lanjut Jimly, tema yang diambil dalam peringatan ini sangat luat biasa yakni” Dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, kita pererat silaturahmi tali persaudaraan dalam ke Bhinekaan untuk Sulut Hebat”. “Biarlah pak Olly jadi gubernur bukan hanya gubernurnya umat Kristen tapi juga gubernurnya umat Islam dan saya berharap acara seperti bisa dilaksanakan setiap tahun di tempat ini,”katanya yang disambut applaus ratusan umat Muslim di Manado.
AKRAB Gubernur Olly Dondokambey SE dan Ketua ICMI Prof DR Jimly Asshiddiqie serta Wakil Dubes Palestina Taher Ibrahim saat makan bersama usai peringatan Maulid Nabi Muhammad di Graha Gubernuran
Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dalam sambutannya mengatakan Tauziah dari Ketua ICMI Prof DR Jimly Asshiddiqie telah memberikan pencerahan bagi semua yang hadir dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut. Dikatakan Gubernur, peringatan Maulid ini merupakan yang pertama bagi pemerintahan Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw (ODSK).”Dan akan terus dilaksanakan selama ODSK memimpin Sulut. Sebab kerukunan di Sulut sudah lama terbina,”terangnya.

Gubernur kemudian menuturkan, waktu dirinya masih kecil dan sekolah di SD di Kelurahan Banjer memang banyak orang Islam dan hanya sedikit Kristen.”Dulu saya juga belajar bahasa Arab (Alif sampai seterusnya, red) karena di sekolah juga diajarkan oleh pak Ustad. Ini yang menjadi luar biasa di Sulut,”ungkapnya.

Karenanya gubernur menambahkan, kita harus mempererat hubungan kita agar masyarakat bisa merasakan kenyamanan keharmonisan kesejahteraan untuk mengurangi dan menanggulangi dari kemiskinan
"Kami di Sulut mempunyai program ODSK, hampir setahun angka kemiskian dari 8,9 persen turun 8,4 persen. Berarti ada 5 tahun berkurang angka kemiskinan dalam hampir satu tahun menjabat. Ini menjadi fokus kami dengan permasalahan yang ada, kita berusaha agar masyarakat jauh dari kemiskinan dan mendapatkan kemerdekaan, sebab jika miskin masyarakat masih merasakan ditindas,"terangnya dalam peringatan Maulid Nabi yang juga dihadiri Sekdaprov Sulut Edwin Silangen SE, Kapolda Sulut Irjen Pol Wilmar Marpaung, Ketua DPRD Provinsi Sulut Andrei Angouw.

Ketua MUI Provinsi Sulut KH Abdul Wahab Abdul Gofur dalam sambutannya mengatakn, dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW kita meningkatkan rasa silaturahmi kerukunan antar umat beragama untuk menuju Sulut Hebat.(tim/sulutonline).