Sulut Jadi Percontohan Kamtibmas Indonesia

Sulut Jadi Percontohan Kamtibmas IndonesiaSulut Jadi Percontohan Kamtibmas Indonesia

Manado-Keberadaan Sulut yang aman serta nyaman untuk dikunjungi menjadikan daerah Nyiur Melambai itu menjadi percontohan Kamtibmas di Indonesia. Pencanangan ini dilaksanakan Wakapolri Komjen Pol Nanan Sukarna bersama Gubernur Sulut Dr Sinyo Harry Sarundajang dan penandatanganan MOU tentang Pelaksanaan Mapalus Kamtibmas antara Bupati dan Walikota dengan Kapolres dan Dandim di wilayahnya masing-masing.

Pencanangan yang dilaksanakan Rabu (15/02) tersebut dilakukan di ruang Mapalu kantor gubernur Sulut. Turut hadir
Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi, Kabupaten dan Kota, Tripika Kecamatan (Camat, Kapolsek, Danramil), Lurah, Kepala Desa bersama Babinkamtibmas dan Babinsa se Sulawesi Utara.

Acara yang merupakan Terobosan Program Polda Sulut, Korem 131 Santiago bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara tersebut merupakan tindak lanjut Petunjuk Presiden RI melalui Kapolri pada Rapat Pimpinan Nasional TNI POLRI yang dilaksanakan di Jakarta beberapa waktu yang lalu.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Sulut Brigjen Pol Carlo Tewu menjelaskan, Mapalus Kamtibmas di Sulawesi Utara dicanangkan sebagai implementasi dari hasil Rapim TNI Polri beberapa waktu yang lalu. Menurut Kapolda, sasaran Mapalus Kamtibmas ini adalah dalam rangka mendeteksi potensi bencana mulai dari tingkat yang paling bawah (desa) apakah itu Bencana Alam, Bencana Non Alam, Bencana Sosial yang berpotensi menimbulkan masalah kamtibmas dan melakukan pencegahan serta pembinaan secara dini agar potensi gangguan kamtibmas tersebut dapat diredam sebelum menimbulkan permasalahan yang lebih besar.

Secara organisatoris Mapalus Kamtibmas ini akan melibatkan Forkopimda Provinsi sebagai Pembina, Forkopimda Kabupaten/Kota sebagai Pengawas dan Tripika Kecamatan sebagai Pengendali pelaksanaan di lapangan bersama Kades/Lurah Babinkamtibmas dan Babinsa.

Semeentara Gubernur Sulawesi Utara Dr Sinyo Harry Sarundajang mengapresiasi Mapalus Kamtibmas ini sebagai bentuk Koordinasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat dengan menggunakan kearifan lokal Mapalus yang memang menjadi ciri khas masyarakat Sulut. Gubernur menyadari sepenuhnya bahwa kemajuan yang telah dicapai Sulut selama ini sangat rentan dengan potensi gangguan keamanan yang juga dipengaruhi dengan Lingkungan Strategis dan Lingkungan Global.

Kegiatan pembangunan tidak akan berjalan apabila kondisi kamtibmas masyarakat tidak kondusif. Oleh karena itu Gerakan Mapalus Kamtibmas ini perlu didukung semua pihak karena hal ini juga merupakan implementasi dari Pergub Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pembentukan Forum Mapalus Kamtibmas di Sulut.
Dalam sambutannya Wakapolri mengatakan bahwa program ini sejalan dengan program Tahun Peningkatan Kinerja yang saat ini sedang digulirkan pimpinan Polri. Polri saat ini sedang mereformasi diri dan telah bertekad untuk memberikan pelayanan prima yang anti KKN.

Pada bagian lain, Wakapolri mengingatkan aparatnya untuk menegakkan citra Polisi sebagai Konsultan, Polisi sebagai Pelindung, Polisi sebagai Pengayom, tetapi juga sebagai penegak hukum.

Pada kesempatan ini Kapolri bersama Gubernur juga menyerahkan bantuan Kendaraan Kamtibmas kepada Poltabes Manado, Polres Bitung, Polres Tomohon, Polres Minut, Polres Minsel dan Polres Bolmong. (Tim/sulutonline).

Link exchange is nothing else

Link exchange is nothing else but it is simply placing the other person's weblog link on your page at suitable
place and other person will also do same in support of
you.

Greetings! This is my first

Greetings! This is my first comment here so I just wanted to give
a quick shout out and say I genuinely enjoy reading through your blog posts.
Can you suggest any other blogs/websites/forums that
deal with the same subjects? Thanks a lot!

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options