Menteri dan Gubernur Tinjau Kesiapan Natal Nasional di Minahasa

Gubernur Olly Dondokambey SE saat menjelaskan kondisi terakhir gedung Wale Ne Tou pada Menteri PerdaganganGubernur Olly Dondokambey SE saat menjelaskan kondisi terakhir gedung Wale Ne Tou pada Menteri Perdagangan

Benteng Moraya Akan Diresmikan Jokowi

Manado- Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita bersama Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, Minggu (18/12/2016) meninjau Gedung Wale Ne Tou Tondano yang merupakan lokasi pelaksanaan Natal Nasional yang akan dihadiri Presiden Jokowi.

Selain itu, Menteri bersama Gubernur Sulut juga meninjau lokasi Pertamina Geothermal Energy Tompaso Kabupaten Minahasa yang akan di resmikan Presiden RI Joko Widodo pada 27 Desember nanti.
Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita memotret deretan Waruga dilokasi Benteng Moraya
Setelah mengunjungi PLTP Tompaso, Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita melanjutkan kunjungannya ke Kabupaten Minahasa dengan mengunjungi Benteng Moraya. Benteng Moraya adalah salah satu tempat wisata budaya yang akan diusulkan untuk diresmikan oleh Presiden Jokowi sebelum menghadiri Natal Nasional.

“Soal kesiapan, saya kira sudah bagus tinggal finishing saja,” ujar Lukita.

Sementara itu terkait Benteng Moraya, Lukita mengaku kagum terutama dengan ditemukannya Waruga (kuburan tua) dilokasi Benteng Moraya.
 Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita saat mendengarkan penjelasan Gubernur Sulut terkait keberadaan makam Kyai Modjo di Kampung Jawa Tondano
“Benteng Moraya ini adalah tempat yang punya nilai sejarah. Saya berharap ini bisa dilestarikan dalam upaya menarik kunjungan wisata,” imbuhnya.

Menteri juga mengatakan akan usulkan ke Presiden agar Benteng Moraya ini juga bisa diresmikan secara on the spot oleh Presiden Jokowi. Dalam kesempatan itu juga, Menteri dan Gubernur berkunjung ke Makam Kyai Modjo di Kampung Jawa Tondano. (tim/sulutonline)[filefield-onlyname-original]