Wagub Kandouw Pimpim Evakuasi 40 Turis China Yang Terjebak di pulau Gangga

Situasi evakuasi 40 turis asal China yang terjebak di pulau Gangga (Foto Ist)Situasi evakuasi 40 turis asal China yang terjebak di pulau Gangga (Foto Ist)

Manado-Hantaman badai berupa hujan, angin kencang disertai ombak tinggi di perairan Manado dan Likupang pada Minggu (08/01/2016), ikut berdampak buruk pada nasib 40 turisasal Tiongkok yang sempat berwisata sejak pagi di Pulau Lihaga, Likupang. Pasalnya, ke 40 turisasal Kota Wuhan di Tiongkok itu, tak bisa kembali ke Manado dan harus terjebak di Pulau Gangga hingga malam hari.

Beruntung, kordinasi cepat antara MM Tour selaku tour operator paraturis dengan Pemprov, Polda dan Satgas Pariwisata Sulut, ke 40 turis naas itu berhasil dievakuasi ke DesaMunte Likupang dan dilanjutkan ke Hotel Mercure, Tateli Manado.

Evakuasi itu sendiri dipimpin langsung Wakil Gubernur Sulut Drs Steven Kandouw dan Direktur Pengamanan Obyektif (Pam Obvit) Polda Sulut Kombes Pol Yudi Sumartono.

Kordinator Satgas Pariwisata Sulut Dino Gobel kepada wartawan membenarkan kejadian tersebut."Begitu menerima laporan 40 turis terjebak dari pimpinan MM Tour Pak Dany Jacob pada Minggu malam, kami langsung berkordinasi dengan Pak Wagub dan Dir Pam Obvit Polda," kata Gobel.

Evakuasi para turis baru bisa dilakukan pukul 21.30 wita dari Pulau Gangga menggunakan sebuah kapal ikan berbobot 58 ton atau lebih besar dari speedboat wisata yang digunakan paraturis, kata Gobel. Hingga pukul 23.00 wita semalam, para turis telah tiba dengan selamat di Hotel Mercure Tateli Manado.

Wagub Sulut Steven Kandouw langsung mewarning keras kejadian itu tidak terulang lagi."Sebab sudah ada pengumuman bahwa selama cuaca ekstrim jangan dulu paket wisata kekepulauan Bunaken dan sekitarnya. Kok mereka nekat jalan? Jangan terulang lagi. Ini demi keselamatan turis dan kru," tegasWagub Kandouw.

Direktur Pam Obvit Yudi Sumartono juga menegaskan hal serupa."Imbauan hindari membawa turis di perairan Sulut selama cuaca ekstrim itu harus ditaati," tegasnya sembari mengimbau seluruh tour operator dan pelaku bisnis wisata lainnya untuk berkordinasi dengan Pam Obvit Polda jika terjadi kejadian tak diinginkan.

Dani Jacob dari MM Tour mengaku berterimakasih langkah cepat Gubernur Olly Dondokambey SE melalui Wagub Sulut dan Polda bersama Satgas Pariwisata."Saling topang sinergitas kerja mereka seperti ini membuat kami tour operator merasa nyaman mengembangkan pariwisata di daerahini," kata Jacob.(tim/sulutonline).