Dana ADD Sangihe “Dibedah”, Wagub Kandouw Ingatkan Perketat Pengawasan

Wagub Kandouw saat sosialisasi pemanfaatan dana desa di Kabupaten Kepulauan SangiheWagub Kandouw saat sosialisasi pemanfaatan dana desa di Kabupaten Kepulauan Sangihe

Manado-Secara marathon, Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw, dalam unjungan kerja ke Kabupaten Kepulauan Sangihe, menghadiri beberapa ivent kegiatan, diantaranya Evaluasi dan Sosialisasi Dana Desa tahun 2017 yang digelar di gelar di Aula Rumah Jabatan Bupati, Senin, (16/01/2017).

Pada awal pengarahan, sebagaimana di kutip Juru Bicara Pemprov Sulut, Roy RL Saroinsong SH, Wagub Steven Kandouw, menguraikan bahwa upaya pemerintah untuk program penyelesaian pengentasan kemiskinan, secara prosentase kewenangan yakni: 10 % Pemerintah Pusat. 20 % Pemerintah Provinsi. Dan kisaran 70% adalah kewenangan Kabupaten.
 ASN Pemkab Sangihe serius mendengarkan arahan Wagub Kandouw
Sementara itu alokasi Anggaran Dana Desa bagi Kabupaten Kepulauan Sangihe pada tahun 2016 yakni berjumlah Rp 121 Miliar, dan terserap 100 %. Namun ketika dievaluasi Outputnya (realisasi) tidak ber banding lurus dengan Outcome (Fungsi/kegunaannya) dan masih perlu di optimalkan, apalagi melihat kucuran Dana ADD untuk TA 2017 berkisar pada Rp165 Miliard.

“Untuk itu Saya menghimbau bagi Para Camat, Lurah, Kapitalaung/Kepala Desa, dan Perangkat Desa, agar melaksanakan pengawasan Anggaran ini baik sejak proses Perencanaan, Pemanfaatan maupun Penggunaannya, karna Lembaga Pemeriksa/Auditor semisal BPK secara intens memeriksa pemanfaatan ADD dimaksud. Jadi harus akuntabel, transparan, tepat guna dan tepat sasaran, agar terhindar dari penyimpangan yang dapat berhadapan dengan APH (Aparat Penegak Hukum) terutama mempedomani Permen Desa PDT dan Transmigrasi No 22 tahun 2016 tentang: Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2017," terang Wagub Sulut dihadapan para Camat, Lurah, Kapitalaung se Kabupaten Kepulauan Sangihe.
 Wagub Kandouw foto bersama jajaran Pemkab Sangihe
Diakhir pengarahan, kantan Ketua DPRD Sulut ini, mengajak segenap Aparatur dan Perangkat Pemerintah di Wilayah untuk senantiasa menjadi Pelopor dalam mengsukseskan PILKADA Bupati-Wakil Bupati Kabupaten Sangihe, yang akan di gelar Serentak/Nasional pada tanggal 15 Februari 2017 mendatang.

Hal lain yang turut dipaparkan Wagub Kandouw yaitu menjelaskan bagaimana seluk beluk dan upaya serta Ikthiar dari segenap Pemerintah Kabupaten/Kota maupun Provinsi seluruh Indonesia dalam mendapatkan Alokasi Dana/Anggaran ke Pemerintah Pusat yang diantaranya lewat usaha berupa Lobby Politisasi Anggaran.

“Karena dana DAK DAU, itu bergulir secara Reguler. Jadi di butuhkan kiat-kiat dan formula ekstra dalam mendapatkannya,”katanya.(tim/sulutonline).