Kadisnaker Ingatkan Perusahaan Yang Mempekerjakan TA Melaporkan Secara Berkala

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulut Ir Erny TumundoKepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulut Ir Erny Tumundo

Manado-Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Sulut Ir Erny Tumundo menghimbau agar seluruh perusahaan yang mempekerjakan Tenaga Asing (TA) yang ada di Sulawesi Utara (sulut) untuk segera melapor secara berkala, terkait aktivitas di perusahaan tersebut. Imbauan ini mengingat maraknya pekerja asing berkedok turis.

“Iya sesuai ketentuan Permen 16 tahun 2015, perusahaan yang mempekerjakan TA harus melapor secara berkala setiap 6 bulan,”terangnya pada wartawan, Selasa (17/01/2016).

Dikatakan sesuai data awal, saat ini sudah 24 perusahaan yang bermohon perpanjangan Ijin Mempekerjakan Tenaga Asing (IMTA). Data yang tercatat di Disnaker Sulut menyebutkan, di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) ada 126 TA asal Tiongkok wajib lapor. Demikian juga pada perusahaan PT Sumber Energi Jaya (SEJ) sebanyak 58 orang TA wajib lapor.

Pada bagian lain, Tumundo mengatakan, hingga saat ini pihaknya terus melakukan pengawasan terkait pembayaran gaji karyawan sesuai UMP. “Sampai saat ini tidak ada keluhan dari buruh pekerja. Jadi kami anggap tidak ada masalah,”terangnya.(tim/sulutonline).