ODSK Imbau Warga Waspada, Curah Hujan Masih Tinggi

Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw (ODSK- foto Ist)Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw (ODSK- foto Ist)

Manado-Kondisi cuaca ekstrim disertai curah hujan dan angin kencang yang terus melanda Sulut, sejak Rabu (25/01/2017) hingga Jumat (27/01/2017), mengakibatkan terjadi banjir dan tanah longsor di berbagai daerah. Kondisi ini tentu saja selain membuat warga menderita juga terganggunya aktivitas roda perekonomian daerah.

Karenanya, Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw (ODSK) melalui Sekdaprov Sulut Edwin Silangen, mengingatkan agar warga Sulut terus mewaspadai fenomena alam ini.
Peringatan dini cuaca ekstrim dari BMKG
“Bagi warga yang tinggal disepanjang bantaran sungai, perbukitan agar segera mengungsi jika keadaan tidak memungkinkan. Demikian juga warga yang tinggal di pesisir pantai. Bagi perusahaan pelayaran jangan dulu memaksakan diri jika cuaca tidak memungkinkan untuk dilayari. Ingatkan keselamatan penumpang,”terang Silangen melalui Kabag Humas Setdaprov Sulu troy Saroinsong SH, Jumat (27/01/2017).

Diketahui, tim Satgas Bencana Pemprov Sulut yang terdiri gabungan SKPD serta Tim PKK Pemprov Sulut telah turun lapangan melakukan pemantauan dan membantu ratusan warga yang terdampak bencana di berbagai daerah.
Wakil Ketua TP PKK dr Devi Kartika Kandouw Tanos didampingi Direktur RS Ratumbuysang Ratumbuisang Dr Greity Ingrit Giroth saat memberikan bantuan bagi pengungsi
Khusus Kota Manado, Ketua TP PKK Sulut Ir Ritha Dondokambey - Tamuntuan melalui Wakil Ketua TP PKK Sulut dr Devi Kartika Kandouw Tanos bersama anggotaa PKK telah turun membantu di sejumlah lokasi penampungan sementara.

Sementara, peringatan dini cuaca ektrim ini juga disampaikan BMKG Station Meteorologi Samratulangi Manado, melalui Verifikator Sutikno dan Forecaster on Duty Ranny Eka Wati yang dipublish melalui jejaring sosial pada Jumat (27/01/2017).

Dalam update peringatan cini Cuaca Sulawesi Utara tanggal 27 Januari 2017, pkl.13.30 WITA, masih tejadi hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang pada pukul. 14.00 WITA di Wilayah Manado, Bitung, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Talaud dan Sangihe. Kondisi ini diperkirakan masih dapat berlangsung hingga pukul. 16.00 WITA. (tim/sulutonline).