Spektakuler ! Tarian Cakalele Pukau Turis Tiongkok

n Marina Plaza ManadoTarian perang Cakalele yang memukau turis asal Tiongkok dalam peringatan Hari Raya Imlek 2568 di Tugu Lilin, di Kawasan Marina Plaza Manado

GSVL: Mari Kita Jaga Terus Keamanan, Kenyaman dan Kebersihan

Manado-Tepuk tangan panjang dan decak kagum para turis asal Tiongkok saat menyaksikan tarian perang Cakalele, yang ditampilkan dalam perayaan Hari Raya Imlek Tahun 2568 di Tugu Lilin, di Kawasan Marina Plaza Pusat Kota 45 Manado, Minggu (30/01/2017)sore, terus bergema. Bahkan sesekali para turis teriak histeris saat penari Cakalele beradu pedang sambil memelototkan matanya. Namun ada juga yang terus mengambil foto kendati dengan mimik wajah takut.
Turis asal Tiongkok saat foto bersama para penari Cakalele
Sejatinya, suguhan seni budaya tradisional yang ditampilkam Pemkot Manado bekerjasama dengan Pemprov Sulut tersebut, berhasil memukau para turis asal Tiongkok.

Sebelumnya, atraksi peringatan Hari Raya Imlek yang telah menjadi bagian dari Kalender Pariwisata Pesona Manado 2017 ini, menampilkan para penari Barongsai, kemudian diakhiri dengan tarian Katrili yang diikuti Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut, Plt Sekda Manado Drs Rum Usulu, BKSAUA Kota Manado, Para Asisten, Kepala Perangkat Daerah (PD) Pemkot Manado,serta turis Tiongkok.

Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut (GSVL) dalam kesempatan itu mengatakan, sebagai Pemerintah pihaknya mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini, karena memberi makna bagi kerukunan antar umat beragama di kota Manado. Untuk itu Walikota GSVL mengajak seluruh warganya untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, atas kasih karuniaNYA sehingga acara ini dilaksanakan dan kita boleh hadir menyaksikannya.
Walikota GSVL bersama para Turis Tiongkok larut dalam kegembiraan saat menari Katrili
“Kegiatan ini juga merupakan rangkaian kalender Pariwisata Manado, yang pertama dilaksanakan di bulan Januari awal Tahun 2017. Masih banyak lagi ivent yang sudah masuk dalam kalender Pariwisata Manado Tahun 2017, akan di gelar di Tugu Lilin ini dan lokasi lain yang ada di wilayah Kota Manado,” ujar Walikota Manado GSVL.

GSVL sapaan akrab Walikota pilihan rakyat kota manado ini mengatakan, diketahui bersama bahwa Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Sulut Drs Steven Kandouw, telah melakukan terobosan membuka Provinsi Sulut menjadi salah satu pintu gerbang baru, di kawasan Indonesia Timur sebagai tempat tujuan wisata dengan mendatangkan ribuan turis asal negeri China Tiongkok ke Sulut melalui Kota Manado.
Turis Tiongkok terlihat enjoy saat ikut menari Katrili
“Berkat terobosan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut, telah memberikan warna baru bagi Kota Manado, ada 8 Kota di China diantaranya, Hongkong , Maccao, Guangzhou dan Zhensen datang berwisata kesini. Tahun 2016 kemarin tercatat sebanyak 51 ribu wisatawan asal negeri China datang, dan Tahun 2017 ini ditargetkan sebanyak 700 ribu sampai 1 juta wisatawan asal negeri China akan didatangkan ke daerah Nyiur Melambai ini,” tandas Walikota GS Vicky Lumentut.

“Gong Xi Fat Cay, harapan saya di Tahun Ayam ini. Tidak hanya yang merayakan Imlek yang diberkati, tetapi torang samua juga diberkati,” ujar Walikota GSVL, seraya menambahkan, mari kita bersama menjaga keamanan, kebersihan serta kerukunan di Kota Manado, sehingga para wisatawan akan lebih banyak datang dan betah tinggal di kota manado.
Atraksi Barongsai dalam peringatan Hari Raya Imlek di tugu Lilin Manado
“Mari torang jaga Keamanan, Kebersihan dan Kerukunan di Kota Manado. Pemkot Manado akan mengayomi dan melindungi, memberi ruang dan kebebasan, kepada semua golongan dan penganutnya. Untuk melakukan kewajiban Agamanya di Kota Manado, seperti yang dilakukan saat ini. Yang tidak boleh ada di Manado adalah orang yang tidak mempunyai Agama,”pungkas Walikota Vicky Lumentut. (LIPUTAN KHUSUS).