Buka Rakor Satgas Saber Pungli Kota Manado, Walikota GSVL Tegaskan Praktek Korupsi Hambat Kinerja Pemerintah

gas) Pungutan Liar Kota ManadoWalikota GSVL saat membuka kegiatan Rapat Koordinasi dan Sosailisasi Satuan Tugas (Satgas) Pungutan Liar Kota Manado

Manado-Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dibawah kepemimpinan Walikota GS Vicky Lumentut SH MSi DEA dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE (GSVL-Mor) serius dalam mendukung program Presiden Joko Widodo dalam upaya memberantas Pungutan Liar (Pungli) yang berimplikasi terjadinya praktek korupsi.

Saat membuka kegiatan Rapat Koordinasi dan Sosallisasi Satuan Tugas (Satgas) Pungutan Liar Kota Manado di Swissbel Maleosan Hotel, Kamis (02/02/2017) pagi, Walikota GSVL menegaskan aparatur Pemkot Manado harus memiliki tekad secara mental untuk tidak melakukan pungutan liar dalam melayani masyarakat.
Satgas Saber Pungli Kota Manado juga melibatkan aparat Polri dan Kejaksaan
"Saya tegaskan disini bahwa pemerintah Kota Manado sangat serius dalam upaya memberantas pungutan liar yang ujung-ujungnya mengarah pada tindakan praktek korupsi. Sehingga, pembentukan Satgas Saber Pungli sangat tepat," tukas orang nomor satu di Manado itu.

Walikota GSVL mewarning seluruh aparat Pemkot Manado agar menjauhi praktek korupsi yang intinya menghambat kinerja pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat."Praktek korupsi dapat menjadi penghambat kinerja pemerintah. Padahal, kita dituntut untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Saya berharap, Satgas Saber Pungli dapat membantu saya dan Pak Wakil dalam mewujudkan pemerintahan di Kota Manado yang bersih dan bebas dari Pungli," tandas Walikota GSVL.
Para peserta Rapat Koordinasi dan Sosallisasi Satuan Tugas (Satgas) Pungutan Liar Kota Manado
Terkait mantan oknum Lurah Bunaken yang terjaring dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) dalam kasus pungli, Walikota GSVL menyerahnya kepada kepolisian dan oknum Lurah tersebut sudah diganti."Saya serahkan kepada pihak kepolisian untuk proses hukumnya, dan oknum Lurah sudah diberi sangsi yakni pergantian," ujar Walikota GSVL.

Sementara, Ketua Satgas Saber Pungli Kota Manado yang juga Wakil Kepala Kepolisian Resor Kota (Wakapolresta) Manado AKBP Enggar Brotoseno SIK MSi menandaskan pihaknya akan bekerja serius dalam mewujudkan harapan Walikota GSVL."Kita akan bekerja serius dan profesional dalam menjalankan tugas memberantas pungutan liar di Kota Manado," tegasnya.

Rakor dan Sosialisasi Satgas Saber Pungli diikuti para pejabat dilingkup Pemkot Manado. Mulai dari pimpinan Perangkat Daerah, Camat serta kepala bagian Sekretariat Daerah Kota Manado.Turut hadir Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Kota (Sekkot) Manado Drs Rum Dj Usulu, Kepala Inspektorat Manado Drs Musa Hans Tinangon MSc, unsur Kejaksaan Negeri (Kejari) Manado dan Polresta Manado.(LIPUTAN KHUSUS)