GSVL-Mor Hadirkan Peta Citra Satelit di Kota Manado, Tunjang Pengoperasian Command Center

Walikota GSVL saat menjelaskan cara kerja Command Center Manado CerdasWalikota GSVL saat menjelaskan cara kerja Command Center Manado Cerdas

Manado-Pembenahan terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado untuk melengkapi Command Center Manado Cerdas yang rencananya dilaunching bulan Februari ini. Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA bersama aktor senior Ray Sahetapi, kembali mendatangi pusat komando Manado kota Cerdas yang terletak di eks ruang rapat Toar Lumimuut, lantai satu Kantor Walikota Manado, Kamis (02/02/2017) sore.

Dijelaskan Walikota GSVL, sistem yang ada di Command Center Manado Cerdas sekarang ini, akan dilengkapi dengan Peta Citra Satelit Penginderaan Jauh.Menurut Walikota GSVL, teknologi canggih tersebut merupakan hasil kunjungan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE ke Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) di Jakarta.
Walikota GSVL saat mengajak Ray Sahetapi mengunjungi ruangan Command Center Manado Cerdas
"Sekarang ini kita baru membangun Data Center untuk mengamati beberapa lokasi di Kota Manado dengan menggunakan kamera CCTV. Kedepan nantinya, ada data-data dari Pusat Teknologi Data LAPAN akan segera diolah oleh pegawai Pemkot Manado yang kapabel dan ditampilkan di Command Center," tandas Walikota GSVL.

Menurutnya, dengan Peta Citra Satelit Penginderaan, jauh akan lebih mudah memonitor serta melakukan pembaruan data pada Sistem Informasi Data Spasial Kota Manado, baik segi informasi pembaruan data harian, bulanan, dan tahunan."Dalam rangka mendukung terintegrasinya data melalui Sistem Informasi Data Spasial yang akan segera kami buat, Pemkot Manado perlu memiliki data Sistem Informasi Geografi (GIS) yang diperoleh di Badan Informasi Geospasial (BIG) dan Data Citra Satelit Penginderaan Jauh yang diperoleh dari Pustekdata LAPAN," ujar Walikota GSVL.
Command Center Manado Cerdas segera akan di launching dalam bulan Februari 2017 ini
Seperti diketahui, Wawali Mor mewakili Walikota GSVL, belum lama ini berkunjung ke LAPAN di Jakarta, untuk mencari informasi dalam rangka melengkapi sistem yang ada di Command Center Manado Cerdas.“Banyak data yang akan dikelola menggunakan Peta Citra yang ada di Pustekdata, termasuk data perijinan, pajak dan pertanahan, potensi banjir dan gempa,” ujar Wawali Mor, seraya menambahkan nantinya Pemkot Manado dapat memonitor letak dan kedudukan kota berdasarkan data yang terpantau pada Peta Citra Satelit Penginderaan Jauh.(tim/sulutonline)