Khofifah Puji Gubernur Sulut Siapkan Lahan 200 Ha

Mensos Khofifah saat memberikan sambutan dalam penyerahan bantuan di lokasi pemukiman warga korban bencana di PanduMensos Khofifah saat memberikan sambutan dalam penyerahan bantuan di lokasi pemukiman warga korban bencana di Pandu

Olly Dondokaambey: Pemprov Akan Topang Pemkot Sejahterakan Korban Bencana

Manado- Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia Khofifah Indar Parawansa, memuji kepedulian Pemprov Sulut dalam hal ini Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE karena menyediakan lahan relokasi 200 Hektare bagi ribuan warga Kota Manado yang terdampak bencana banjir bandang pada tanggal 15 Januari 2014 lalu. Pasalnya di daerah lain ketersediaan relokasi lahan sangat sangat sulit.

“Saya sudah pergi ke berbagai lokasi bencana seperti Sinabung, Purworejo dan lainnya, tapi tidak ada lahan seperti ini (Pandu) dengan kepedulian melihat nasib rakyatnya yang ditimpa kesusahan memberikan lahan yang begitu luas untuk dijadikan tempat bermukim kepada korban bencana. Salut untuk pak Olly,”kata Khofifah saat penyerahan bantuan sosial isi Hunian Tetap dan santunan ahli waris hibah dalam negeri bagi korban bencana alam Kota Manado di lokasi pemukiman di kelurahan Pandu, Jumat (03/02/2017) sore.
Gubernur Olly Dondokambey SE saat penyerahan bantuan bagi korban bencana di pemukiman Pandu
Menurut Mensos pihaknya memberikan bantuan untuk pasca bencana. "Yaitu bantuan isi hunian, saat ini bantuan total Rp3 miliar lebih, diberikan masing-masing Rp 3 juta per rumah untuk total seribu yang dibangun," terang Mensos seraya menyebutkan lokasi pemukiman di kelurahan Pandu tersebut layak disebut kota mandiri Buha-Bunaken.

Sementara ini Gubernur mengatakan Pemprov Sulut akan terus menopang Pemkot Manado. Terutama bagi warga korban bencana."Seperti bantuan untuk kelompok usaha warga akan diadakan, masing-masing satu kelompok sepuluh orang. Dan bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga di sini," jelas Gubernur yang mengungkapkan masih ada bantuan-bantuan yang akan disalurkan.
 GSVL-Mor saat menerima secara simbolis bantuan dari Mensos Khofifah disaksikan Gubernur Olly Dondokambey SE
"Kami juga akan berupaya untuk warga yang tinggal di daerah rawan bencana untuk direlokasi di tempat ini. Dan daerah ini akan dijadikan kota baru di Manado," jelas Gubernur yang ikut menceritakan bahwa rumahnya menjadi korban saat bencana 2014 lalu.

Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut mengungkap pihak Pemkot masih akan membangun sejumlah fasilitas di perumahan relokasi bencana ini. "Masih akan dibangun fasilitas infrastruktur, seperti jalan dan lainnya, termasuk trayek angkutan umum," tutur Walikota.

Turut hadir dalam penyerahan bantuan ini, Staf Khusus dan Staf Ahli Menteri Sosial RI, Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Tetty Saragih, , Sekdaprov Sulut Edwin Silangen, Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan SE, Ketua TP PKK Kota Manado Prof Paula Lumentut Runtuwene, Asisten 3 Setdaprov Sulut Ir Roy Roring, Kepala Dinas Sosial Sulut dr Grace Punuh, Kepala Dinas Sosial Kota Manado Sammy Kaawoan, Ketua DPRD Manado Nortje Van Bone.(tim/sulutonline).