Peringati World Cancer Day, Dondokambey Ajak Masyarakat Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Gubernur Olly Dondokambey SE saat melayani anak-anak penderita kanker konsumsi buahGubernur Olly Dondokambey SE saat melayani anak-anak penderita kanker konsumsi buah

Manado-Gubernur Olly Dondokambey SE saat menghadiri World Cancer Day ( Hari Kanker se Dunia) yang dirangkaikan dengan Hari Gizi Nasional ke 57 di kawasan Mega Mas Manado, Sabtu (04/01/2017) pagi, mengajak masyarakat rajin mengkonsumsi buah dan sayur untuk mencegah penyakit kanker.

Selain itu, gubernur Sulut menyebutkan sebagai upaya penanganan Pemprov Sulut akan mengupayakan ada lembaga yang menangani pasien penyakit kanker yang diketahui belum ada obatnya tersebut.
Antusiasme anak-anak penderita kanker menerima buah-buahan yang disuguhi gubernur Sulut
Dalam kesempatan itu, gubernur Olly Dondokambey melayani dan memberikan buah-buahan kepada anak-anak dan ibu-ibu penderita penyakit kanker.”Ayo perbanyak konsumsi buah dan sayur, ini sangat baik untuk kesehatan,”ajaknya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulut Dr Debie Kalalo MSc.PH mengatakan acara ini ditujukan untuk menggalang peran serta masyarakat dalam mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Sehat atau ( Germas) yang telah di launching Menteri Kesehatan RI, untuk merubah perilaku masyrakat dalam pola komsumi makanan terutama lebih banyak makan buah dan sayur.

Menurut Dr Debie hasil penelitian dasar kesehatan tahun 2013 mengindikasikan angka kejadian kanker di Sulut mencapai 1.7 kasus per 1000 penduduk. Diperkirakan ada kurang lebih 4.000 penderita kanker di Sulut.
Gubernur Olly Dondokambey SE didampingi Sekdaprov Sulut Edwin Silangen dan Ketua Yayasan Jantung Indonesia Sulut dr Devi Kartika Kandouw Tanos saat peringatan World
“Selama ini berkembang paradigma keliru dalam masyarakat bahwa penyakit kanker ini adalah penyakit yang tidak tersentuh, sekali kena kanker tidak ada harapan lagi, paradigma ini harus dirubah lewat kampanye ini bahwa kanker berbahaya memang benar, tetapi pemerikasaan sedini mungkin dan suport kolektif dari keluarga dan masyarakat akan mampu meningkatkan kesembuhan dari penderita kanker,”terang Dr Debbie.

Ketua Yayasan Jantung Indonesia Cabang Utama Sulawesi Utara Dr Kartika Devi Kandouw- Tanos MARS menambahkan agar masyarakat selalu menjaga kesehatan sejak dini. Untuk itu harus rajin makan buah dan sayur atau menambah porsi buah serta sayur, rajin berolahraga untuk meningkatkan daya tahan tubuh demi menangkal semua penyakit termasuk jantung dan kanker . Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Provinsi Sulut Edwin Silangen dan pejabat Eselon 2 dilingkup pemprov Sulut. (tim/sulutonline)