Pemkot Resmi Umumkan dan Lantik 504 Pala se Kota Manado

Kabag Humas Steven Runtuwene SSos didampingi Camat Sario Drs F Karundeng saat memberikan pengarahan usai pelantikan PalaKabag Humas Steven Runtuwene SSos didampingi Camat Sario Drs F Karundeng saat memberikan pengarahan usai pelantikan Pala

Nama-Nama Bisa Dilihat di 11 Kantor Camat di Manado

Manado
-Setelah melakukan seleksi yang cukup ketat dan serius, maka sebanyak 504 Kepala Lingkungan (Pala) di 87 Kelurahan di Kota Manado akhirnya berhasil diumumkan dan dilantik oleh Tim Panitia Seleksi (Pansel) Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, Senin (06/02/2017) sore hingga malam.

Ketua Pansel Pala, Drs Rum Usulu menyatakan bahwa teka-teki siapa calon Pala yang terpilih dari 1.024 warga yang ikut tes akhirnya bisa terjawab dan diketahui secara pasti. Dimana, sebanyak 504 Pala yang memiliki nilai rangking tertinggi akhirnya itu bisa dilihat langsung di kantor Kecamatan masing-masing wilayah. Dan disana terpampang jelas, nilai-nilai tes tertulis dan wawancara yang dilakukan oleh para Calon Pala tersebut.
Pengarahan bagi Pala Kecamatan Sario
Dari hasil nilai tertinggi, maka itulah Pala yang ditetapkan oleh Tim Pansel untuk menjabat satu tahun kedepan. Untuk itu kepada warga yang belum berhasil terpilih, maka pihaknya meminta untuk bersabar dan boleh mengikuti seleksi tahun depan.

"Dari suatu perlombaan atau kejuaraan, pasti ada yang menang dan ada yang kalah. Begitu juga dengan seleksi Pala, tidak mungkin semuanya harus terpilih. Karena dari 1.024 Calon yang ikut tes, hanya akan dicari 504 Pala yang dinilai terbaik. Jadi mohon maaf, ini keputusan yang berat namun harus diambil Tim Pansel guna memberikan pelayanan yang maksimal bagi warga masyarakat," tegas Usulu yang juga menjabat Plt Sekot Manado ini.
Sejumlah Pala yang dilantik
Ditambahkannya, yang pasti perekrutan Calon Pala di tahun-tahun mendatang. Pihaknya akan melakukan kajian yang matang, sehingga tidak akan terjadi lagi hal-hal yang tidak diinginkan seperti adanya dugaan Ijasah Palsu dan lain sebagainya. Dari pantauan yang ada, sejak sore kemarin sejumlah kantor Kecamatan langsung 'diserbu' warga yang ingin melihat dari dekat nama-nama Calon Pala yang terjaring hingga pada proses pelantikan.

Seperti yang dirasakan warga di Kecamatan Wanea, menurut salah seorang tokoh masyarakat bernama Welly Pele. Dirinya merasa kagum dan salut atas kinerja Tim Pansel Pala, meski orang nomor satu di Kota Manado yakni Walikota DR G.S Vicky Lumentut. Namun ada calon Pala di salah satu kelurahan kecamatan Wanea, meski ber marga atau satu fam dengan Walikota GSVL. Namun tak diakomodir atau dipilih, begitu juga dengan calon Pala lainnya yang mengaku dekat dengan keluarga maupun petinggi-petinggi di jajaran Pemkot Manado, ini jelas berarti tidak ada sarat kepentingan atau menolak KKN.

"Ini baru bilang, seleksi Pala yang benar-benar objektif dan profesional. Contohnya di Kecamatan Wanea, ada calon Pala satu fam atau marga Lumentut. Biar mungkin Walikota GSVL pe sudara, tapi nyanda terpilih. Sapa bilang Pala terpilih kebanyakkan harus dari warna satu atau warna lain, kalo Pak Walikota GSVL suka pilih Pala orangnya. Kenapa harus buat seleksi-seleksi lagi, kan boleh tinggal tunjung itu haknya Pak Wali GSVL. Tapi itu tidak demikian, Pemkot Manado khususnya Pak Vicky rupanya ingin memilih Pala yang punya kompetensi dan kemampuan terlebih bisa jadi panutan di tengah masyarakat," puji Pele mengaku tak salah memilih GSVL-Mor untuk Manado Cerdas lima tahun kedepan.(tim/sulutonline)