Puluhan Tahun Bertahan, Goa Jepang Runtuh

Goa Jepang ambruk mengakibatkan jalur Kawangkon Tomohon lumpuh (Foto Ist)Goa Jepang ambruk mengakibatkan jalur Kawangkon Tomohon lumpuh (Foto Ist)

Akses Jalan Kawangkoan – Tomohon Lumpuh

Manado
-Kawasan wisata Goa peninggalan Jepang di ruang jalan Kawangkoan-Tomohon atau tepatnya di sekitar jembatan Ranowangko, Kecamatan Kawangkoan Utara, runtuh pada Sabtu (11/02/2017), sekira pukul 06.30 wita. Praktisnya jalur transportasi ke kawasan ini lumpuh.

Pihak Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) 15, terpaksa harus menurunkan alat berat bulldozer untuk memindahkan tanah yang menimbun jalan, agar bisa dilalui pengendara.
Longsor di goa Jepang melumpuhkan jalur Kawangkoan Tomohon
Camat Kawangkoan Utara Drs Dolfie Kuron mengatakan kemungkinan kejadian tersebut akibat intensitas hujan yang turun beberapa pekan lalu sehingga membuat tanah menjadi jenuh air.“Ini mungkin akibat dari banyaknya hujan yang turun beberapa pekan lalu sehingga tanah terkikis dan mudah longsor,” ujarnya didampingi Lurah Talikuran Deni Mapasa SE.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut Ir Noldy Liow mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa.“Masyarakat bersabar dan terus berhati-hati. Saat ini BPBD Minahasa sudah berada di lokasi bersama alat berat dan sementara berusaha kerjakan longsor yang telah menutupi badan jalan,”kata Liow secara terpisah.(tim/sulutonline)
.