Pemekaran Kabupaten Minahasa Barat Kuat Berhembus

Logo Minahasa (foto Ist)Logo Minahasa (foto Ist)

Manado-Gaung pemekaran daerah di Nyiur Melambai khususnya Minahasa, masih kuat berhembus. Menyusul, 5 kecamatan yaitu Kecamatan Mandolang, Kecamatan Pineleng, Kecamatan Tombariri, Kecamatan Tombariri Timur, Kecamatan Tombulu, sepakat pisah dari Kabupaten Induk dan ingin membentuk Daerah Otonomi Baru dengan nama Kabupaten Minahasa Barat.

Pun, hal ini ditindaklanjuti dengan dilaksanakannya Musyawarah Pembentukan Kabupaten Minahasa Barat yang dihadiri langsung Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang, Anggota DPD RI Fabian Sarundjang serta perwakilan 5 kecamatan terkait, Minggu (11/02/2017).

Ketua Panitia pemekaran Noldi Poluan menyebutkan bahwa musyawarah pembentukan kabupaten merupakan yang ke dua kalinya dilaksanakan. Menurutnya, selain rakor, dilaksanakan juga Deklarasi BMPKMB (Badan Musyawarah Pembentukan Kabupaten Minahasa Barat).

“Ini menindaklanjuti rapat yang dilaksanakan pada tanggal 4 Februari 2017 lalu,”terang Poluan, yang didampingi Sekretaris Panitia Meilany Kandouw.

Dalam rapat telah diputuskan sebagai Ketua Umum BMPKMB Koropit R Lasut, Sekretaris Umum Ir Hoyke Makarawung dan pengurus tingkat kecamatan yaitu Tommy Pusung Kecamatan Mandolang, Jems Nayoan Kecamatan Pineleng, Joseph Kekung Kecamatan Tombariri timur, Joppy Sondakh Kecamatan Tombariri.
“Nantinya pada pertemuan selanjutnya, kita akan membahas kajian tentang pembentukan kabupaten baru ini,”pungkasnya.(tim/sulutonline).