Gubernur Pastikan KEK Bitung Jalan Terus

Gubernur Olly Dondokambey SE saat rapat percepatan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) BitungGubernur Olly Dondokambey SE saat rapat percepatan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung

Manado- Gubernur Olly Dondokambey, SE dalam rapat percepatan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, di Hotel Peninsula, Selasa (28/02/2017) siang, memastikan pembangunannya segera terealisasi."Semuanya harus concern. Program KEK Bitung terus berjalan,"tegasnya dalam rapat yang juga dihadiri sejumlah pejabat dari kementrian terkait.

Diketahui, pelaksanaan proyek KEK Bitung ditetapkan melalui Peraturan Presiden (Perpres) nomor 3 tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.
Rapat percepatan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung
Meskipun begitu, masih ada gugatan terhadap status lahan yang menjadi bagian dari KEK. Gubernur mengaku telah menyampaikan kendala itu ke Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo. "Gugatan ke pengadilan terkait lahan KEK sudah saya sampaikan ke bapak presiden agar tidak mengambat proses pembangunan KEK,"ungkapnya.

Sejumlah pembangunan infrastruktur penunjang KEK Bitung terus dikerjakan. Diantaranya pengembangan International Hub Port (IHP). Gubernur menambahkan selalu berkoordinasi untuk memastikan pengembangan International Hub Port (IHP) berjalan lancar."Kita harus selalu berkoordinasi. Ini penting agar kendala yang ditemui bisa dicarikan solusinya sehingga pengembangan pelabuhan dan pembangunan KEK Bitung berjalan lancar," ujarnya.

Turut hadir dalam rapat Direktur Jenderal Pengadaan Tanah Kementerian ATR/BPN Arie Yuriwin dan Deputi Bidang Koordinasi Percepatan Pembangunan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kemenko Perekonomian Wahyu Utomo. Keduanya sepakat untuk meningkatkan koordinasi dalam pembangunan KEK Bitung. (tim/sulutonline)