Disaksikan GSVL-Mor, Enci Paula Lantik Delapan Ketua TP-PKK Kecamatan dan Pengurus Dekranasda

Ketua TP PKK Manado Prof DR Julyeta PA Lumentut Runtuwene MS DEA saat memberikan sambutanKetua TP PKK Manado Prof DR Julyeta PA Lumentut Runtuwene MS DEA saat memberikan sambutan

Manado- Pelantikan Delapan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kecamatan dan pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Manado dilaksanakan di ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado, Selasa (28/02/2017) sore.

Pelantikan yang turut disaksikan Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE,(GSVL-Mor) tersebut dilakukan Ketua TP-PKK Kota Manado sekaligus Ketua Dekranasda Kota Manado Prof DR Julyeta PA Lumentut Runtuwene MS DEA.

Delapan kecamatan yang memiliki Ketua PKK baru yakni Kecamatan Wanea, Kecamatan Paal Dua, Kecamatan Singkil, Kecamatan Tikala, Kecamatan Malalayang, Kecamatan Mapanget, Kecamatan Sario dan Kecamatan Tuminting.
 Ketua TP PKK Manado Prof DR Julyeta PA Lumentut Runtuwene MS DEA saat melantik 8 Ketua TP PKK Kecamatan dan pengurus Dekranasda Manado
Dalam sambutannya, Enci Paula sapaan akrab Ketua TP-PKK Kota Manado mengatakan TP-PKK dan Dekranasda Kota Mando akan bersinergi dalam mengembangkan kreratifitas untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga."Kehadiran PKK dan Dekranasda untuk menggali, mengembangkan warisan budaya bangsa. Saya juga berharap ada inovasi yang baru, silahkan dikembangkan," jelas isteri tercinta Walikota GSVL itu.

Menurutnya, selama ini TP-PKK telah melakukan pembinaan dan pelatihan kreatifitas anggota PKK. Salah satunya dengan ketrampilan tenun. "Selama ini, PKK telah melatih ketrampilan bagi anggota-anggotanya yang dimulai dari kain tenun. Ini juga dapat dilakukan oleh pengurus Dekranasda dalam rangka peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia," tukas Enci Paula seraya mengingatkan jika kehadiran Dekranasda bukan hanya untuk pameran tapi juga untuk pembinaan serta edukasi kepada masyarakat.

Para pengurus Dekranasda yang dilantik terdapat isteri Wawali Mor, Ny Imelda Bastiaan Markus SE serta beberapa kepala Perangkat Daerah dan para praktisi dan pelaku seni di Kota Manado.

Dalam sambutannya, Walikota GSVL mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado akan membantu kegiatan TP-PKK maupun Dekranasda. Bahkan, akan mengintegrasikannya dengan program Pemkot melalui instansi terkait."Pemkot Manado akan ikut membantu PKK dan Dekranasda dalam melakukan promosi, termasuk membantu memfasilitasi hasil produksi kerajinan untuk dipasarkan di supermarket. Kami akan minta supermarket menyediakan tempat khusus untuk pemasaran hasil produksi kerajinan Dekranasda," tukas Walikota GSVL.
 GSVL-Mor bersama Ketua TP PKK Prof DR Paula Lumentut Runtuwene dan Wakil Ketua TP PKK Ny Imelda Bastiaan Markus saat berada di ruangan C3
Selain itu, sekarang ini sedang digalakan penanaman cabe (rica) di pekarangan yang dimulai dari para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkot Manado. Hal ini dilakukan untuk menekan harga cabe yang merupakan salah satu penyumbang inflasi di Kota Manado.

Turut hadir, Wawali Mor, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Kota Manado Drs Rum Dj Usulu, para Asisten, pimpinan Perangkat Daerah, serta para Camat yang berkompeten dengan pelantikan TP-PKK kecamatan.

Usai pelantikan, para ibu-ibu TP-PKK ini diantar dan disuguhkan kecanggihan layanan media online yakni Cerdas Command Center. Dimana, para ibu-ibu PKK bisa memantau harga pangan atau sembako hingga memantau kinerja suami masing-masing dalam tugasnya sehari-hari di balik layar besar dan super canggih tersebut.(tim/sulutonline)