Gubernur Olly Ingatkan Pers Cerdas Mampu Mencerdaskan Bangsa dan Tidak Membuat Berita Hoax

Gubernur Olly Dondokambey SE membubuhkan tandatangan pada spanduk Deklarasi Bersama Tangkal HOAXGubernur Olly Dondokambey SE membubuhkan tandatangan pada spanduk Deklarasi Bersama Tangkal HOAX

Manado-Seminar Jurnalistik Sehat Tangkal Hoax dan Launching Media Sosial resmi Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang dilaksanakan Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Sulut dihadiri dan dibuka secara langsung Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, Kamis (16/03/2017), di ruang CJ Rantung, kantor gubernur Sulut.

Dalam sambutan, Gubernur menyampaikan, pentingnya dilakukan kegiatan dialog terkait dunia pers seiring dengan perkembangan teknologi, khususnya dibidang teknologi informatika. Apalagi dunia media diwarnai dengan kehadiran media online yang penyebarannya bukan saja di daerah dimana media online itu berada, tapi pemberitaannya hingga mendunia.
Pembacaan Deklarasi Bersama insan Pers Sulut Tangkal HOAX
“Kita tidak bisa menahan laju informasi penyebaran pemberitaan terutama dari media online,”kata Gubernur Olly.

Dengan kemajuan teknologi pemberitaan semakin mendunia, Gubernur Olly mengingatkan pentingnya pemahaman dalam pemberitaan sehingga tidak membuat berita hoax.“Perlu ada saringan kualitas dan kuantitas baik perusahaan media maupun jurnalis, sehingga dalam pemberitaan benar – benar akurat dan dapat dipercaya,”ingat Gubernur Olly.

Orang nomor satu di Sulut ini mengajak insan pers agar sama – sama mendorong semangat reformasi baik dalam bidang pembangunan bangsa dan negara khususnya di daerah Sulawesi Utara, utamanya stabilitas keamanan dan kesejahteraan rakyat.
Gubernur Olly Dondokambey SE saat memasangkan PIN Tangkal HOAX pada wartawan
“Semangat reformasi perlu terus dijaga dan ditingkatkan. Salah satunya adalah lewat pemberitaan yang benar dan jelas. Tugas kita bersama dalam menjaga stabilitas negara dan perkembangan bangsa demi kesejahteraan rakyat,”terangnya seraya menambahkan, pembangunan tidak akan berhasil jika tidak ditunjang oleh pers khususnya dalam pemberitaan,”Inilah tugas kita, bagaimana peran pers yang cerdas dalam mencerdaskan bangsa,”ingatnya.

Usai sambutan, gubernur langsung membuka diskusi Jurnalistik Sehat Tangkal Hoax dan skaligus Launching Media Sosial Resmi Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, yang dilanjutkan dengan dialog terbuka dengan menghadirkan pembicara, Amanda Komaling Ketua IJTI Sulut, Voucke Lontaan Ketua PWI Sulut, Yoseph Ikanubun Ketua AJI Manado dan DR Max Rembang dari Akademisi.
TNI ikut membubuhkan tandatangan dalam spanduk deklarasi bersama tangkal hoax
Sebelumnya, telah dilakukan pembacaan dan penandatangan kesepakatan dan deklarasi Tangkal Hoax oleh seluruh insan pers yang hadir, yang disusul oleh Gubernur Olly Dondokambey SE, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Sulut Drs Roy M Tumiwa berikut biro humas instansi vertical, PNI Polri, serta SKPD dan humas Kabupaten dan Kota se Sulut. (tim/sulutonline).