Buka Musrenbang RKPD Kota Manado Tahun 2018, GSVL Tegaskan Hasil Musrenbang Harus Sesuai Kebutuhan Bukan Keinginan

Walikota GSVL memberikan sambutan pada kegiatan Musrenbang RKPD Kota Manado tahun 2018Walikota GSVL memberikan sambutan pada kegiatan Musrenbang RKPD Kota Manado tahun 2018

Manado-Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA (GSVL) menegaskan hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di tingkat Kota Manado harus disesuaikan dengan kebutuhan yang ada dan bukan karena keinginan. Hal itu dikatakan Walikota GSVL saat membuka Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Manado tahun 2018, di ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado, Kamis (30/03/2017) siang.

Menurutnya, Musrenbang merupakan pertemuan penting untuk menghasilkan kesepakatan bersama antara delegasi kecamatan dengan pemerintah. Nantinya, hasil Musrenbang tingkat Kota Manado akan disinkronkan dengan Musrenbang tingkat Provinsi Sulawesi Utara dan tingkat Nasional.
Walikota GSVL saat melakukan penandatangan dalam kegiatan Musrenbang RKPD Kota Manado tahun 2018
“Ada yang bilang percuma ikut Musrenbang karena hasilnya tidak terealisasi. Saya mau katakan disini bahwa, hasil Musrenbang ini disinkronkan dengan Musrenbang Provinsi sampai Musrenbang Nasional. Tetapi, kita di Manado ada yang namanya e-Monev atau monitoring dan evaluasi secara elektronik dengan pola naik keatas, ada rencana program yang terlaksana dapat dilihat, yang belum terlaksana akan naik dan masuk dalam program berikutnya,” tukas Walikota GSVL.

Dirinya berharap, partisipasi aktif dari peserta Musrenbang agar memunculkan ide-ide cemerlang dalam perencanaan pembangunan di Kota Manado. “Saya berharap kehadiran para delegasi kecamatan dalam Musrenbang tingkat kota ini, dapat muncul ide-ide yang cemerlang demi kemajuan Kota Manado. Jangan sampai sebentar muncul lagi tanggapan miring soal hasil Musrenbang, dan itu banyak yang melapor dan mengeluh kepadanya," tukas Walikota dua periode itu.
Foto bersama usai kegiatan Musrenbang RKPD Kota Manado tahun 2018
Terkait kehadiran personil Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado dimaksudkan agar usulan rencana pembangunan Kota Manado yang dirumuskan dalam Musrenbang, bisa melibatkan legislatif.
“Hasil Musrenbang ini saya berharap adalah hasil kita bersama, yang nantinya akan dibahas antara pemerintah kota dengan DPRD,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Walikota GSVL meminta para peserta Musrenbang untuk membahas masalah transportasi, pengolahan kebersihan kota serta pembentukan Pos Keamanan Terpadu.

Hadir dalam Musrenbang RKPD Kota Manado tahun 2018 yakni DPRD Manado, perwakilan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sulut, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Manado Drs Rum Dj Usulu, perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Manado, BKSAUA, FKUB, pimpinan Perangkat Daerah Pemkot Manado, Camat dan Lurah se-Kota Manado serta para delegasi kecamatan. (tim/sulutonline)