Perkuat Sektor Pertanian, Sulut Siap Wujudkan Kemandirian Ekonomi

Gubernur Olly Dondokambey, SE yang diwakili Asisten II Rudi Mokoginta, SE, M.TP dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan PertanianGubernur Olly Dondokambey, SE yang diwakili Asisten II Rudi Mokoginta, SE, M.TP dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian

Manado- Gubernur Olly Dondokambey, SE yang diwakili Asisten II Rudi Mokoginta, SE, M.TP dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian di Hotel Sutan Raja, Selasa (11/04/2017) sore, mengatakan, pembangunan pertanian Sulawesi Utara yang berkelanjutan mutlak dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Ini merupakan keharusan untuk dilakukan guna memenuhi kebutuhan pangan, memperluas lapangan kerja, mengentaskan kemiskinan, meningkatkan pendapatan nasional dan tentunya meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Untuk mempercepat pembangunan pertanian tersebut, gubernur mengatakan bahwa pemerintah daerah telah menetapkan sektor pertanian sebagai program prioritas dalam Sapta Cita Pembangunan Daerah Sulawesi Utara 2016-2021. "Misi pertama pemerintah daerah adalah mewujudkan kemandirian ekonomi dengan memperkuat sektor pertanian," imbuhnya.
Para peserta dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian
Lebih lanjut, gubernur menyebutkan target pembangunan pertanian untuk di Sulut pada tahun 2018. Diantaranya adalah peningkatan produksi komoditas pangan nasional yang berpengaruh terhadap inflasi yaitu sebanyak 704.245 ton padi, 1.330.000 ton jagung, 17.169 ton cabai, 1.821 ton bawang merah dan 26.386 ton tomat. "Peningkatan ini untuk mengamankan produksi dan produktivitas komoditas yang mempengaruhi tingkat inflasi nasional," ujarnya.

Diketahui, selain sektor pertanian, pemerintah daerah juga terus meningkatkan produksi daging sapi sebanyak 5.211.127 Kg.

Dalam kesempatan yang sama, Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Ir. Arie Bororing mengatakan pemerintah daerah selalu mendukung pelaksanaan seluruh program kementerian pertanian di Sulut. "Pemantapan program unggulan dari kementerian pertanian selalu kami lakukan. Ini untuk mensinkronkan program nasional, program provinsi dan program kabupaten kota," katanya.

Dalam kegiatan yang bertema memacu infrastruktur pertanian dan kemandirian ekonomi untuk mewujudkan kedaulatan pangan serta mengurangi kemiskinan di Sulut itu turut dihadiri Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan kabupaten dan kota se-Sulut. (tim/sulutonline)