ODSK Dukung Penuh anggota JIPS Ikut UKW

Kepala Biro Pemerintahan DR Jemmy Kumendong ikut menjadi nara sumber dalam uji wawancara bagi anggota JIPSKepala Biro Pemerintahan DR Jemmy Kumendong ikut menjadi nara sumber dalam uji wawancara bagi anggota JIPS

Manado-Uji Kompetensi Wartawan (UKW) saat ini menjadi keharusan dalam dunia jurnalistik. Apalagi era sekarang sudah jamannya kompetensi untuk semua profesi. Karenya UKW yang digelar Dewan Pers bersama PWI bagi anggota Jurnalis Independent Pemprov Sulut (JIPS) di ruang FJ Tumbelaka kantor gubernur, selama dua hari, Selasa 11/04/2017 – Rabu 12/04/2017), didukung penuh gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw (ODSK).

“UKW sangat baik untuk akreditasi bagi seorang jurnalis. Apalagi, wartawan yang meliput kegiatan Pemprov Sulut,”terang ODSK saat sejumlah anggota JIPS melaporkan adanya kegiatan ini, Selasa (11/04/2017) malam.
UKW Dewan Pers bersama PWI bagi JIPS dengan menghadirkan nara sumber Drs Arnold Poli dalam tes wawancara
Sementara Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Sulut Drs Voke Lontaan, Rabu (12/04/2017) usai pelaksanaan UKW tersebut menyebutkan, pentingnya seorang Wartawan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW), salah satunya untuk menghindari seseorang mengaku wartawan tapi tidak bisa menulis. Dan dalam waktu dekat akan diberlakukan wartawan tidak hanya ditanyai perihal identitas. Tetapi sudah mengacu pada kompetensi melalui kartu kompetensi yang telah dimiliki.

"Nantinya akan diimbau nara sumber berhak tidak menerima diwawancarai jika wartawan itu belum memiliki sertifikat kompeten,"ingat Voke.
Ketua GRANAT Sulut Pdt Billy Yohanes ikut dihadirkan sebagai nara sumber dalam uji wawancara
Voke yang juga wartawan harian Media Indonesia mengatakan, UKW merupakan program regulator dari Dewan Pers yang telah dapat rekomendasi."Jadi penguji ini sudah terakreditasi untuk mengadakan UKW," katanya. Sembari mengucapkan banyak terima kasih kepada para penguji yang telah melakukan pengujian pada angkatan ke-14.

Diketahui UKW yang dilaksanakan oleh Jurnalis Independen Pemprov Sulut bekerjasama dengan PWI Sulut diikuti oleh 18 wartawan yang biasa meliput di Kantor Gubernur Sulut dan akhirnya dinyatakan lulus 100 persen. Adapun Tim Penguji Dewan Pers diantaranya Fathurrahman dan Ainur Rohim serta Ubun Achadiyat. (tim/sulutonline)