Pemprov Seriusi Perambahan Hutan Lindung di Boltim

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Sulut Drs Rudi Mokoginta (Foto Ist)Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Sulut Drs Rudi Mokoginta (Foto Ist)

Manado-Pemprov Sulut akhirnya turun tangan, menyusul aksi perambah hutan di kawasan Hutan Lindung gunung Simbalang dan HPT Mintu Kabupaten Bolaang Mongondouw Timur (Boltim) sudah sangat memprihatikan. Sekira 400 hektar sudah digerus oleh warga sekitar yang mengakibatkan areal kawasan hutan lindung ini kritis.

Dalam rapat koordinasi Pemprov Sulut dengan Pemerintah Kabupaten Minsel dan Boltim, Jumat (21/04/2017) sore, disepakati akan menurunkan Tim Terpadu yang melibatkan aparat untuk turun ke lokasi hutan lindung tersebut.

Apalagi, ancaman kekeringan menyusul debet air di sungai kawasan ini terus menurun, menyusul musnahnya hutan sebagai daerah serapan air.”Makanya pemerintah akan menyikapi hal ini secara serius. Apalagi, di kawasan ini ternyata sudah ada sekitar 300 lebih jiwa yang bermukim di kawasan hutan lindung tersebut,”terang Asisten II Drs Rudi Mokoginta, seraya menyebutkan rapat lanjutan pada tanggal 26 April 2017 mendatang, akan disepakati personil Tim Terpadu yang akan turun ke lokasi bersama aparat.(tim/sulutonline).