Pertama di Indonesia, Perbankan Bantu “Bedah” Rumah Kumuh

Pertemuan bersama perbankan membahas "Bedah" rumah kumuhPertemuan bersama perbankan membahas "Bedah" rumah kumuh


Manado-
Jajaran Perbankan Sulut, akhirnya merespon program Pemprov Sulut untuk memecahkan permasalahan kemiskinan. Bahkan para perbankan yang terdiri dari semua direktur bank di daerah ini, sepakat mendukung sepenuhnya program tersebut.

Hal ini terungkap saat pertemuan bersama Sekdaprov Ir SR Mokodongan, dengan perbankan yang dipimpin Kepala Bank Indonesia (BI), Ramlan Ginting, di rumah Kopi Billy di kawasan Megamall, Jumat (16/03).

“Dipilihnya rumah kopi ini sebagai tempat pertemuan, supaya para petinggi perbankan bisa merasakan aura rakyat yang butuh sentuhan tangan perbankan,”terang Mokodongan pada wartawan.

Sementara Ramlan Ginting dalam pertemuan penuh kekeluargaan tersebut, mengatakan pihaknya siap menjadi pelopor dalam program yang digagas gubernur Dr Sinyo Harry Sarundajang dan Wakil Gubernur Dr Djouhari Kansil. Menurutnya, sudah menjadi tanggung jawab perbankan untuk membantu warga miskin.

“Caranya dengan menyisakan sebagian dana Coorporate Social Responsibility (CSR) bank. Jika kurang akan dibantu. Yang pasti, perbankan mendukung penuh. Ini juga untuk mengangkat citra perbankan. Dan program ini adalah yang pertama di Indonesia“katanya.

Bahkan ungkapnya, program tersebut sebenarnya akan ditargetkan Pemprov pada bulan Oktober 2012 mendatang.”Dan ini terlalu lama, makanya saya sarankan program bedah rumah kumuh di mulai besok, Sabtu (17/03),”pungkasnya seraya menambahkan agar pihak BUMN non perbankan juga mengikuti jejak mereka.

Sementara Sekdaprov Ir SR Mokodongan mengatakan, dirinya sangat yakin perbankan di Sulut program-programnya juga pro rakyat. Tentunya kata dia, akan disesuaikan dengan kemampuan perbankan itu sendiri.

“Ini merupakan titik awal yang baik untuk menekan angka kemiskinan di Sulut. Ke depan nanti juga permasalahan listrik, air, MCK di daerah kumuh akan diselesaikan,”katanya.

Pemprov sendiri terang Mokodongan, memberikan apresiasi yang tinggi pada pimpinan Bank Indonesia Ramlan Ginting yang telah menggagas pertemuan bersama tersebut. Dalam pertemuan itu disepakati tahap awal bedah rumah kumuh akan dilakukan di Minsel dan Bolmong, nantinya akan dilanjutkan ke kabupaten dan kota se Sulut.

“Bantuan perbankan daerah ini khusunya bagi warga miskin melalui program bedah rumah kumuh ini, akan menjadi catatan sejarah kita,”ujar Mokodongan.

Sementara Dirut Bank Sulut James Salibana mengatakan, ini merupakan program yang sangat brilian. Dan Bank Sulut mendukung sepenuhnya. (Tim/sulutonline).

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options