Pemprov All Out Berantas Kemiskinan di Sulut

Manado-Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov-Sulut), terus berbenah diri. Bahkan bertekad untuk memberantas kemiskinan di Nyiur Melambai. Demikian hasil rapat bersama seluruh SKPD yang dipimpin gubernur Dr Sinyo Harry Sarundajang bersama Wakil Gubernur Dr Djouhari Kansil, dan Sekdaprov Ir SR Mokodongan, Senin (19/03).

Dalam rapat tersebut, Gubernur pilihan rakyat ini mengajak seluruh Kepala SKPD Pemprov Sulut untuk membangun komitmen yang kuat, yakni bersama-sama saling membahu memberantas kemiskinan.

Golden Triangle sebutan popular Gubernur, Wakil Gubernur dan Sekdaprov Sulut ini kemudian, menginstruksikan kepada seluruh Kepala SKPD untuk melakukan pendataan seluruh Kementerian yang mengalokasikan dana untuk penanggulangan rumah miskin. Karena harus diakui, jika hanya mengandalkan dana pada APBD Sulut tidak akan mencukupi untuk menyelesaikan masalah rumah kumuh di Sulut. Solusinya dengan bantuan dari pemerintah pusat.

''Saya tahu persis hampir semua Kementerian menyiapkan dana terkait bantuan penanganan rumah kumuh. Hal ini yang harus ditindaklanjut oleh masing-masing SKPD tentunya sambil melakukan lobi agar dana dimaksud bisa diperuntukkan bagi Sulut,''ujar Gubernur.

Menurutnya, salah satu faktor penting mengentaskan kemiskinan yakni dengan memberantas rumah-rumah kumuh yang saat ini masih menjamur di sejumlah Kabupaten/Kota se Sulut. Bahkan Gubernur 2 periode ini sangat yakin, jika seluruh pihak menyatukan persepsi dan komitmen untuk mau memberantas kemiskinan, dapat menyelesaikan 6 dari 14 variabel kemiskinan rumah tangga sudah dengan otomatis membuat angka kemiskinan di Sulut berkurang.

''Jika Pemerintah serius membangun rumah layak huni di Sulut, otomatis masalah kemiskinan dapat secepatnya teratasi,''kata gubernur optimis.

Oleh karena itu, gubernur menugaskan kepada seluruh SKPD untuk melakukan pendataan kementerian mana saja yang ada alokasi dana untuk pembangunan rumah layak tinggal. Gubernur mencontohkan, program dari Kementerian Daerah Tertinggal dan Kementerian Perumahan Rakyat yang menargetkan hingga 2014 akan membangun 1,5 juta unit rumah sederhana khusus warga miskin yang akan disebarkan di seluruh Indonesia, prioritas untuk daerah kepulauan terluar.

Dari sisa di luar 1,5 juta rumah tersebut (kebutuhan rumah layak huni se Indonesia mencapai 4,8 juta rumah), 2 Kementerian tersebut meluncurkan program bedah rumah dengan setiap kepala keluarga mendapat bantuan sebesar Rp 6 juta untuk peningkatan mutu, program rehabilitasi rumah dengan bantuan Rp 11 juta.

''Program seperti inilah yang harus dijemput oleh Pemprov Sulut agar menyentuh sampai ke Kabupaten/Kota di Sulut,'' tukas gubernur sembari mewarning seluruh SKPD untuk serius berjuang menjemput bola dalam menangkap bantuan dimaksud. (Tim/sulutonline).

Admiring the time and energy

Admiring the time and energy you put into your website and
detailed information you provide. It's great to come across a blog every once
in a while that isn't the same outdated rehashed information. Fantastic read!

I've saved your site and I'm including your RSS feeds to my Google account.

Feel free to visit my web site - [url=http://www.artistfieldguide.org/inflatable-mattress-vacuum-cleaner.html]what
is the fastest way to lose weight[/url]

I savour, cause I discovered

I savour, cause I discovered just what I was looking for.

You have ended my 4 day long hunt! God Bless you
man. Have a great day. Bye

My webpage; garcinia cambogia vitacost (Rolland)

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options

By submitting this form, you accept the Mollom privacy policy.