Rondonuwu : Sanksi Pidana Bagi Rumah Sakit Yang Buang Sampah Medis Sembarangan

Awas, sampah medis berbahaya bagi manusia. (Foto: Ist)Awas, sampah medis berbahaya bagi manusia. (Foto: Ist)


Manado-
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulut, dr Maxi Rondonuwu, mewarning bagi rumah sakit untuk tidak membuang sampah medis sembarangan. Sebab kata dia, ada sanksi pidana jika melanggaran ketentuan tersebut.

Selain sanksi pidana, Rondonuwu menandaskan, jika memang benar ada rumah sakit terbukti dengan sengaja membuang sampah medis tersebut maka akan ada sanksi berupa pencabutan ijin beroperasi rumah sakit atau klinik tersebut.

"Ini sesuai dengan ketentuan UU No 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit, serta Kepmenkes No 1024/Menkes/SK/X/2004 tentang kesehatan lingkungan rumah sakit. Saya rasa dua aturan ini menjelaskan dengan lengkap apa yang harus dilakukan sebuah klinik atau rumah sakit," tandasnya pada wartawan, Kamis (22/03).

Penegasan ini dikatakannya menyusul kedapatan sampah medis yang dibuang sembarangan di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Sumompo, Manado. Bahkan terungkap beberapa pemulung sudah terkena jarum suntik bekas tersebut.

Alhasil, terang Rondonuwu pihaknya langsung menindaklanjuti adanya temuan sampah medis yang dibuang sembarangan di dengan membentuk tim khusus.

"Tim ini sudah turun ke lapangan untuk mengecek dan menyelidiki dari rumah sakit mana sampah ini berasal," katanya.

Bahkan terang Rondonuwu, bukan hanya menyelidiki asal sampah saja, tapi tim ini sekaligus melakukan pengecekan rumah sakit atau klinik mana yang belum memiliki incenarator serta proses pengolahan limbah medisnya seperti apa.

"Kalau yang punya incenarator kita cek lagi apakah itu masih berfungsi dengan baik atau tidak. Karena sekali lagi, sampah medis itu tidak untuk dibuang sembarangan," terangnya.

Ditegaskannya, untuk pembuangan limbah medis dan klinis diatur dalam UU No 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelohan lingkungan hidup. Ia juga membenarkan adanya sanksi pidana yang bisa diberikan bagi pelaku. (Tim/sulutonline).

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options