Perkuat Keamanan Perbatasan, Pemprov Sulut Tempatkan Drone di Miangas

Gubernur Olly Dondokambey SE serukan untuk menjaga keutuhan NKRI dari berbagai gangguan keamananGubernur Olly Dondokambey SE serukan untuk menjaga keutuhan NKRI dari berbagai gangguan keamanan

Gubernur Olly Dondokambey Ajak Seluruh Komponen Jaga Keutuhan NKRI

Manado-Gubernur Olly Dondokambey SE menyatakan bahwa bantuan drone yang ditempatkan di Pulau Miangas yang juga wilayah perbatasan dengan Philipina tersebut akan membantu pihak TNI dalam menjaga pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Drone ini untuk membantu pengawasan di Pulau Miangas. Ini bisa menjangkau sampai 7 kilometer sehingga efektif," kata Gubernur Olly di ruang tunggu Bandara Miangas, Rabu (31/05/2017) siang.
Gubernur Olly Dondokambey SE ajak seluruh komponen menjaga perbatasan negara demi keuutuhan NKRI
Menurut Gubernur Olly, selain drone tentunya semangat warga Miangas untuk menjaga keutuhan NKRI adalah hal utama. "Masyarakat, pemerintah bersama pihak TNI dan Polri akan menjaga NKRI. NKRI harus dipertahankan kedaulatannya," katanya.

Hal senada disampaikan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen. Ganip Warsito, bahwa TNI dibentuk untuk dapat bekerja bersama rakyat. "TNI didesain untuk bekerja bersama masyarakat. Marena bersatu kita menjadi kuat," tegasnya.
Gubernur Olly Dondokambey SE saat memberikan keterangan pers didampingi Pangdam XIII Merdeka Mayjen Ganip Warsito dan unsur Forkompimda
Pangdam juga menyinggung pemberontakan di wilayah Marawi Philipina. Kata Ganip, pihaknya juga siap mengantisipasi kemungkinan pemberontak melarikan diri ke wilayah perbatasan. "Personil TNI siap mencegahnya. TNI siap menjaga NKRI 24 jam non stop," tegasnya.

Diketahui, Philippine National Police (PNP) telah merilis nama puluhan orang anggota kelompok militan Maute yang menyerbu Kota Marawi, Philipina Selatan. Tujuh di antaranya merupakan warga negara Indonesia dan masuk daftar pencarian orang di Philipina.
 Gubernur Olly Dondokambey SE memberikan suport bagi TNI yang menjaga perbatasan di pulau Miangas
Kunjungan ke Miangas tersebut turut dihadiri Wakapolda Sulut Brigjen Refdi Andri, Danlanud Sri Kolonel Pnb Arifaini Nur Dwiyanto, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw dan Sekkab Talaud Adolf Binilang.

Dalam kesempatan itu juga, Gubernur Olly Dondokambey menyerahkan bantuan 2 ton beras, 50 kardus mie instan dan biskuit. Selain itu juga Olly memberikan bantuan uang senilai Rp 25 juta untuk Germita Efrata Miangas dan sejumlah uang untuk GPDI Patmos Miangas.
 Menjaga perbatasan merupakan komitmen NKRI Harga Mati
Selain itu juga akan dibangun Tiga SPBU Kompak, di Pulau Miangas Kabupaten Talaud dan di Kabupaten Sangihe dan Kabupaten Sitaro. Termasuk rencana penambahan Tower untuk memperkuat jaringan internet di Miangas. Pembangunan sarana telekomunikasi dan infromatika di wilayah perbatasan sesuai dengan amanat poin ketiga Nawa Cita, yaitu membangun Indonesia dari pinggir dengan memperkuat desa-desa dan daerah-daerah dalam kerangka negara persatuan.(ADVETORIAL/ Biro Protokol Kerjasama dan Komunikasi Publik Setdaprov Sulut)