Gubernur Olly Tegaskan Pentingnya Peranan Litbang Dalam Pembangunan Sulut

Gubernur Olly Dondokambey SE saat diwakili Kepala Bapelitbangda dr Jemmy JR Lampus MKesGubernur Olly Dondokambey SE saat diwakili Kepala Bapelitbangda dr Jemmy JR Lampus MKes

Manado- Gubernur Olly Dondokambey, SE dalam sambutan yang dibacakan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda), dr Jemmy JR Lampus MKes dalam Rapat Forum Komunikasi Penelitian dan Pengembangan Daerah yang dilaksanakan di Hotel Sahid Kawanua Manado, Selasa (18/07/2017) siang mengatakan, kemajuan Sulawesi Utara di berbagai bidang dapat dicapai jika melibatkan proses penelitian dan pengembangan (litbang) didalamnya.

"Untuk menjadi maju, kita dituntut dan diharuskan agar meningkatkan program research and development, karena dari sinilah kemajuan itu berawal," katanya.

Menurut Olly, kemajuan itulah yang nantinya meningkatkan daya saing dengan negara lain."Penelitian, pengembangan,dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi akan mempercepat pencapaian tujuan negara, serta meningkatkan daya saing dan kemandirian dalam memperjuangkan kepentingan negara dalam pergaulan internasional," ujarnya.

Oleh karenanya, Gubernur Olly meminta instansi Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah mampu menjalankan tugas-tugas kelitbangan utama."Penelitian, pengkajian, pengembangan, perekayasaan, penerapan, pengoperasian dan evaluasi kebijakan," imbunya.

Lebih jauh, masih dalam sambutannya, Olly optimis peranan kelitbangan dalam penvapaian program prioritas daerah bakal semakin optimal jika semua prosedur dijalankan sebagaimana mestinya."Saya menyakini bahwa dengan melakukan upaya dan langkah-langkah tersebut Peranan dan Kedudukan Kelitbangan, akan menjadi solusi bagi setiap tantangan dan permasalahan yang kita hadapi dalam merealisasikan program prioritas daerah. Badan Litbang harus menjadi motor dalam memberikan jalan keluar bagi setiap kebuntuan pembangunan daerah," paparnya. Adapun pertemuan tersebut turut dihadiri perwakilan dari instansi terkait. (tim/sulutonline)