Wakili Gubernur, Silangen Himbau Masyarakat Waspada Terhadap Penipuan Berkedok Undian

Sosialisasi Program Pengelolaan Sumber Dana Bantuan Sosial (PPSDBS) tentang UGB dan PUB di ManadoSosialisasi Program Pengelolaan Sumber Dana Bantuan Sosial (PPSDBS) tentang UGB dan PUB di Manado

Manado- Gubernur Olly Dondokambey SE diwakili Sekdaprov Edwin Silangen SE MS saat sosialisasi Program Pengelolaan Sumber Dana Bantuan Sosial (PPSDBS) tentang UGB dan PUB di Manado, Jumat (04/08/2017) siang menegaskan, agar seluruh masyarakat diminta hati-hati dan waspada agar tidak tertipu oleh modus yang dijalankan pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Waspadalah terhadap penipuan berkedok undian gratis berhadiah. Ijin penyelenggaraan undian hanya dapat diberikan untuk kepentingan usaha kesejahteraan sosial," tegas Gubernur Olly.

Meskipun demikian, dijelaskan Gubernur Olly dalam sambutannya, UGB dan PUB yang secara resmi merupakan salah satu sumber pendapatan negara yang dikelola oleh Kementrian Sosial yang bersumber dari proses perizinan undian gratis berhadiah. UGB dan PUB ini juga bentuk partisipasi dunia usaha dalam membantu penanganan dan permasalahan kesejahteraan sosial.

"Salah satu kewajiban dari dunia usaha yaitu memberikan sumbangan dananya sebesar 10% dari nilai total hadiah kepada Kementerian Sosial untuk kembali dikelola dan dikembalikan kepada masyarakat, hal inilah yang disebut Dana Usaha Kesejahteraan Sosial," ujarnya.

Diketahui, UGB dan PUB berperan juga untuk meningkatkan pembangunan perekonomian serta minat masyarakat dalam memberikan partisipasinya untuk pembangunan nasional, yaitu melalui program undian gratis berhadiah dan pengumpulan uang atau barang. Namun pada kenyataannya, program ini masih menemui kendala, yakni belum adanya pemahaman yang cukup dari Dinas Sosial kabupaten dan kota serta masyarakat terkait ketentuan dan syarat penyelenggaraan undian gratis berhadiah dan pengumpulan uang atau barang.

Oleh sebab itu, masih dalam sambutan, Gubernur Olly berharap melalui sosialisasi tersebut adanya peningkatan pemahaman dari seluruh peserta terhadap program itu."Hendaknya dilakukan strategi untuk meningkatkan pemahaman serta minat masyarakat dan pihak terkait terhadap penyelenggaraan program undian gratis berhadiah dan pengumpulan uang dan barang, demi mendukung peningkatan pada pembangunan di bidang kesejahteraan sosial," imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Sosial dr Grace Punuh MKes menyebutkan tujuan sosialisasi itu. "Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan penyelenggara UGB dan PUB semakin bertanggungjawab untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat sehingga tidak menjadi korban penipuan berkedok UGB dan PUB," katanya. Adapun, pertemuan itu turut dihadiri Direktur Pengelolaan Sumber Dana dan Bantuan Sosial Kementerian Sosial RI Dra Mira Riyati Kurniasih MSi, dan perwakilan dari Dinas Sosial Kabupaten dan Kota di Sulut dan instansi terkait lainnya. (tim/sulutonline)