Tertibkan Lokasi Pameran Kayuwatu, Humiang Ingatkan Warga Jangan Tempati Lahan Pemprov

Kasat Pol PP Sulut Drs Edison HumiangKasat Pol PP Sulut Drs Edison Humiang

Manado-Sedikitnya, 84 rumah ditertibkan dengan melibatkan Satpol Pol PP Sulut, Satpol PP Manado serta Polresta Kota Manado, saat penertiban lahan lokasi pameran Kayuwatu. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Sulut Drs Edison Humiang menegaskan, penertiban lokasi pameran di kayuwatu sudah sesuai aturan yang berlaku.

"Jadi, lahan yang ada di lokasi pameran Kayuwatu adalah milik Pemda. Hal ini diperkuat dengan surat ada di Biro Hukum, Biro Infastruktur. Sedangkan Satpol PP sesuai Permendagri 54 tahun 2011 dalam rangka pengamanan aset daerah, maka melakukan penertiban bukan eksekusi,"ingat Humiang, Jumat (11/07/2017) siang.

Dikatakan, saat melakukan penertiban pihaknya telah mendahului tahap- tahapan, seperti surat peringatan pertama, kedua dan ketiga, sudah dilakukan Pemprov yang ditandatangani oleh Sekdaprov Sulut. Juga pemberitahuan pengosongan lahan sudah di sampaikan kepada pihak-pihak disana.

"Pada saat penertiban, juga sudah diberikan kesempatan untuk segera meninggalkan tempat itu, kalau merasa dirugikan silahkan menempuh jalur hukum,"tegas Humiang.

Dikatakannya sebagai aparat bertindak tegas tapi tak arogan, junjung tinggi kemanusiaan, hindari kontak fisik serta pemukulan."Syukur terhindar, hanya awal saja ada perlawanan namun penertibannya berlangsung lancar," terangnya.

Untuk itu, Humiang mengimbau kepada masyarakat Sulawesi Utara yang masih menempati lahan-lahan milik Pemda untuk segera mengosongkan lahan tersebut."Ingat, semua aset milik Pemda yang masih di duduki pihak yang tak bertanggungjawan akan segera kami tertibkan. Sesudah lahan pameran Kayuwatu kami akan segera mendata kembali aset-aset pemerintah yang lain untuk segera akan ditertibkan sesuai tupoksi kami,"jelasnya. (tim/sulutonline).