2020 Sulut Bebas Malaria

Manado-Gubernur Sulawesi Utara Dr Sinyo Harry Sarundajang menyatakan, malaria merupakan penyakit klasik yang terus mengancam manusia. Di Indonesia 80 persen Kabupaten - Kota masuk kategori endemis malaria yang menghawatirkan, sekitar 45 persen penduduk yang bertempat tinggal di daerah resiko malaria seperti pesisir pantai dan lingkungan kotor.

Hal tersebut dikatakan Sarundajang dihadapan para Bupati - Walikota, Ketua-Ketua TP. PKK serta para Kadis Kesehatan dan kepala Puskesmas Kabupaten/Kota se- Sulut, saat mengadakan Rapat Kerja Kesehatan Provinsi Sulut di ruang mapalus Kantor Gubernur, Rabu (04/04).

"Penyakit malaria, termasuk salah satu jenis penyakit menular. Di provinsi Sulut sendiri, bisa dikatakan tertinggi tingkat penularannya dibanding penyakit lainnya," ujarnya.

Sarundajang melanjutkan, penyakit tersebut sangat membahayakan umat manusia, di Sulut ada beberapa Kabupaten/Kota yang tingkat penularannya sangat tinggi yaitu tiga Kabupaten, Kepulauan dan Mitra.

"Tentunya sebagai salah satu provinsi kepulauan yang memiliki pesisir yang sangat panjang, kita semua di tuntut untuk lebih bekerja keras lagi guna mengatasi penyakit tersebut, sehingga ditahun 2020 Sulut bisa terbebas dari penyakit malaria, termasuk demam berdarah," tegas Sarundajang.

Rakerkesprov turut dihadiri Sekjen Kemenkes RI dr. Ratna Rosita MPHM, Dirjen Bina Kefarmasian dan Alkes Dra. Moura Linda Sitanggang, Apt. Phd, Ketua TP. PKK Sulut Ny. Deetje Sarundajang Laoh Tambuwun, Wakil Ketua TP. PKK Sulut Ny. Mieke kansil Tatengkeng dan Ketua Dharma Wanita Prov. Sulut Ny. Esther Mokodongan Turang dan Unsur Muspida Sulut.

Kadis Kesehatan Prov. Sulut dr. Maxi Rondonuwu DHSM menyebutkan, Rakerkesprov kali ini fokus membahas 5 penyakit menular yaitu malaria, TBC, hepatitis, rabies dan prosta(Baca berita terkait: Gubernur: Kesehatan Adalah Hal Mendasar, red)- (Tim/sulutonline).

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options