Jokowi dan ODSK Sumbang Hewan Qurban Bagi Kaum Duafa Sulut

Wagub Kandouw saat menyerahkan hewan Qurban bantuan Presiden JokowiWagub Kandouw saat menyerahkan hewan Qurban bantuan Presiden Jokowi

31 Hewan Qurban Sudah Diserahkan,Wagub Kandouw: Tahun Depan Pak Gubernur Akan Sumbang Lebih Banyak

Manado-Luar biasa perhatian Presiden Jokowi dan Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw (ODSK) terhadap umat Islam Sulut, khususnya kaum Duafa di Nyiur Melambai. Buktinya, Jokowi membantu Satu ekor hewan Qurban seberat 1,2 ton yang diserahkan Wagub Kandouw pada Kamis (31/08/2017) bersamaan 30 ekor Sapi dari Pemprov Sulut.

Total 31 ekor Sapi Qurban disalurkan untuk dibagi-bagikan kepada mesjid yang ada di daerah ini dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1438 H, yang jatuh pada, Jumat (01/09/2017) besok.
Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Sulut dr Kartika Devi Tanos, secara simbolis menyerahkan 30 ekor hewan Qurban
Penyerahan hewan Qurban tersebut berlangsung di halaman belakang Kantor Gubernur Sulut, oleh Wagub Kandouw didampingi Asisten 1 Setdaprov Sulut Drs John Palandung, Asisten II Setdaprov Sulut Rudy Mokoginta SE dan Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Sulut dr Kartika Devi Tanos. Penyerahan hewan kurban tersebut turut dihadiri para imam masjid penerima bantuan serta Ketua PHBI, MUI Sulut serta para pejabat di jajaran Pemprov Sulut.

Karo Kesra Setdaprov Sulut dr Kartika Devi Tanos mengatakan maksud dan tujuan ibadah Qurban menunjukan tanda ketaqwaannya hambanya kepada Allah."Salah satu makna yang paling dalam ibadah Qurban sebagai bentuk penghambaan kepada SWT dengan membagiakan sesama. Qurban adalah bentuk kesolehan sosial, dimana akan merasakan ibadahnya berbagi bagi dengan sekitar," ungkapnya.
Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Sulut dr Kartika Devi Tanos saat menyampaikan laporan terkait penyaluran hewan Qurban
Sementara itu, Wagub Sulut Steven Kandouw mengatakan bantuan hewan Qurban yang diberikan ini diharapkan dapat dimaknai sebagai wujud kepedulian dan perhatian pemerintah kepada umat Islam di daerah ini yang akan sedang merayakan Idul Adha 1438 H.“Di samping itu, momentum ini hendaknya dapat dimaknai sebagai upaya kita untuk saling bersilaturahmi dan terus memantapkan serta menjaga kerukunan, kedamaian, dan kekeluargaan yang telah tercipta selama ini,” tuturnya.

Menurutnya, langkah itu diharapkan semakin memantapkan Sulut sebagai barometer kerukunan hidup antar umat beragama di Indonesia bahkan taraf internasional.”Setiap tahun menjelang perayaan Idul Adha Pemprov Sulut selalu memberikan bantuan hewan Qurban kepada umat muslim di daerah ini. Tahun ini sebanyak 31 ekor Sapi. Dari Presiden Jokowi 1 ekor yang terbesar dan terberat. 10 ekor Sapi dari APBD Pemprov. Kemudian oleh pak Gubernur ditambahkan 20 ekor Sapi. Tahun depan Pemprov kembali akan menyumbang lebih banyak lagi, insyaallah,”ingat Wagub Kandouw.

Dikatakannya momentum Idul Adha ini juga harus memberikan pencerahan kepada kita semua. Harus meningkatkan iman percaya kita, serta meningkatkan aktualisasi iman.”Momentun Idul Adha menurut saya jangan cuma di hari raya qurban, tapi mari kita jadikan sikap perilaku, memberikan bantuan kepada kaum Duafa ini menjadi bagian dari pola hidup kita, bukan nanti tapi kalau boleh setiap saat dan setiap waktu. Karena kita tau persis di Sulut ini banyak orang kurang mampu,"ujar Wagub Kandouw.

Selain itu kata Wagub momentum ini harus terus mengingat - mengingatkan kita untuk selalu berkonsentrasi, berintropeksi, karena torang samua boleh bersyukur dengan torang pe kehidupan."Karena disekeliling torang masih banyak orang susah yang perlu torang bantu bersama,"pesannya.

Diketahui penyerahan bantuan hewan Qurban pada tahun 2016 lalu, hanya sebanyak 10 ekor sapi, tapi tahun 2017 ini sesuai komitmen ODSK diserahkan bantuan hewan Qurban sapi sebanyak 30 ekor ditambah lagi 1 ekor dari Presiden Jokowi.

Berikut Masjid yang menerima santunan hewan qurban dalam rangka hari Idul Adha1438 H yaitu :

1. Masjid Agung Baitul Makmur Kota Kotamabagu (Hewan Qurban milik Presiden Jokowi)
2. Masjid Raya Ahmad Yani kota Manado
3. Masjid SIS Al Djufrie kel. Malendeng kec. Paal dua
4. Masjid Al Taqwa kec. Belang Kab. Minahasa Tenggara
5. Masjid Al Rahman kel. Banjer kota Manado
6. Masjid An Nur desa Borgo kecamatan Tombariri Minahasa
7. Masjid Agung Pangeran Diponegoro Aimadidi
8. Masjid Nurul Huda kec. Molas
9. Masjid Al Ikhlas desa Insil, Pasi Timur Kab. Bolaang Mongondow
10. Masjid Al Munawarah, Mahawu ling. 1 Tuminting
11. Masjid Darusalam kel. Motoboi kota Kotamobagu Selatan. (tim/sulutonline)