Gubernur Olly Bertekad Kembalikan Kejayaan Berkuda Sulut

Konperensi Pers lomba Berkuda, Roda Sapi dan Bendi piala Gubernur, Wakil Gubernur Sulut dan Walikota ManadoKonperensi Pers lomba Berkuda, Roda Sapi dan Bendi piala Gubernur, Wakil Gubernur Sulut dan Walikota Manado

Manado-Gubernur Olly Dondokambey SE optimis akan mengembalikan kembali kejayaan berkuda di Bumi Nyiur Melambai seperti di era 80-an. Salah satu upaya dengan memanggil pulang kembali para atlit-atlit berkuda Sulut di luar daerah. Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulut Rony Siwi mengatakan, pihaknya sementara melakukan komunikasi dengan para atlit berkuda asal Sulut agar bisa memperkuat daerah ini kembali.

"Pak Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw menginginkan kejayaan berkuda Sulut dapat dikembali dikenal daerah luar,"kata Siwi.

Selain itu, berbagai upaya perlombaan pacuan Kuda terus digelar, termasuk pacuan Roda Sapi dan Bendi yang memperebutkan piala Gubernur dan Wakil Gubernur serta Walikota dalam rangka menyambut HUT Provinsi ke-53."Tentu akan banyak atlit-atlit berkuda dari luar akan datang sendirinya berlaga di daerah ini," ungkapnya.

Ketua Panitia Lomba Berkuda Roda Sapi dan Bendi, Ferry Wowor menuturkan, perlombaan pacuan ini akan berlangsung di lapangan Pacuan Kuda Balitka Paniki, Manado."Banyak peserta berkuda dari luar daerah yang akan ikut serta. Perlombaan yang akan digelar 9 September mendatang diyakini dapat menarik mata wisatawan berkunjung ke Sulut," tuturnya.

Mantan pengurus Pordasi Sulut ini berharap, rutinya perlombaan pacuan kuda diharapkan dapat memberikan efek positif, baik mendatangkan kembali atlit-atlit berkuda Sulut di luar daerah dan mencetak re-generasi atlit berkuda di daerah ini.

Untuk diketahui kelas- kelas yang akan dipertandingkan adalah; Race 1 kelas Roda Sapi 100 Meter. Race 2 kelas Roda Sapi 100 Meter. Race 3 Kelas Roda Sapi 100 Meter. Race 4 Kelas Roda Sapi.100 Meter. Race 5 Kelas Roda Sapi 150 Meter. Race 6 Kelas Roda.Sapi 200 Meter. Race 7 Kelas.Roda Sapi 250 Meter. Race 8 Kelas Bendi Kalaper 600 Meter. Race 9 Kelas G Lokal . Race 10 Kelas F. Race 11 Kelas E. Race 12 Kelas Calon Remaja. Race 13 Kelas Roda Sapi 100 Meter. Race 14 Kelas Kalaper 800 Meter. Race 15 Kelas Calon Derby. Race 16 Terbuka. Race 17 Kalaper. Race 18 Roda Sapi 200 Meter.(tim/sulutonline).