Ziarah ke Makam Mantan Wagub Freddy Sualang, Gubernur Olly: Ini Tradisi Setiap Jelang HUT Provinsi

Gubernur Olly didsampingi Ketua TP PKK Sulut Ir Ritha Dondokambey Tamuntuan dan Ibu Sus Sualang Pangemanan saat tabur bunga di makam mantan Wakil Gubernur Freddy Harry Sualang Gubernur Olly didsampingi Ketua TP PKK Sulut Ir Ritha Dondokambey Tamuntuan dan Ibu Sus Sualang Pangemanan saat tabur bunga di makam mantan Wakil Gubernur Freddy Harry Sualang

Manado-Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Sulut Ir Ritha Dondokambey-Tamuntuan melakukan Ziarah di Makam Mantan Wakil Gubernur (Wagub) Sulut Alm Freddy Harry Sualang (FHS), dipemakaman keluarga di Desa Leilem Kabupaten Minahasa, Rabu (20/09/2017) sore.

Ziarah tabur bunga itu diawali dengan ibadah singkat di lokasi pekuburan. Ibu Sus Sualang – Pangemanan (Janda Alm FHS, red) dan Richard Sualang Wakil Ketua Dewan Kota Manado, bersama keluarga Sualang, terlihat terharu atas kedatangan Gubernur bersama rombongan.
 Ibu Sus Sualang Pangemanan saat diskusi singkat bersama Gubernur Olly dan Ketua TP PKK Sulut Ir Ritha Dondokambey Tamuntuan
Usai gelar Ziarah Gubernur Sulut Olly Dondokambey kepada wartawan mengatakan setiap tahun dalam rangka HUT provinsi sudah menjadi suatu tradisi dan menjadi kebanggaan bagi pemerintah provinsi Sulut."Ini sudah menjadi tradisi setiap tahun dalam rangka menjelang HUT provinsi Sulut. Kali ini HUT provinsi Sulut ke 53, saya dan Wakil Gubernur serta jajaran untuk melakukan ziarah tabur bunga di makam para semua mantan pemimpin Sulut. Ini hal positif yang hanya ada di Sulut dan tidak dilakukan di daerah lain. Makanya tradisi ini akan kita lakukan terus,”kata Gubernur Olly.

Anjang sana dan silaturahmi bersama keluarga mantan pemimpin Sulut ini sangat penting.“Pembangunan yang ada di Sulut sekarang ini, juga adalah hasil dari tangan para pemimpin terdahulu. Sebab, membangun Sulut itu harus berkelanjutan, dan bukan hanya dilakukan oleh satu atau dua orang namun pembangunan di daerah Sulut dilakukan oleh para pemimpin-pemimpin terdahulu kita. Mudah-mudahan hal-hal seperti inilah menjadi suatu pendidikan bagi generasi kita yang mendatang, bagaimana hubungan antara pemimpin sebelumnya dan yang akan nanti selalu saling memghormati," terang Gubernur Sulut.
 Prosesi upacara tabur bunga di makam mantan Wakil gubernur Freddy Harry Sualang
Bersamaan dengan itu, Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw melakukan ziarah dan tabur bunga di makam mantan Gubernur Drs AJ Sondakh di Bukit Kasih Kanonang. Sebelumnya pada Senin lalu, Gubernur Olly Dondokambey telah melakukan ziarah ke makam mantan Gubernur Sulut CJ Rantung dan HV Worang.(tim/sulutonline).