Dukung Program ODSK, JIPS Gelar Bersih Pantai dan Muara Sungai

Puluhan wartawan yang tergabung JIPS saat aksi bersih pantai dan muara sungaiPuluhan wartawan yang tergabung JIPS saat aksi bersih pantai dan muara sungai

Manado-Puluhan wartawan yang tergabung dalam Jurnalis Independent Pemprov Sulut (JIPS) sebagai mitra kerja pemerintah provinsi Sulut, terus mendukung berbagai program kerja Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw (ODSK). Kali ini, dalam rangka memperingati HUT Provinsi Sulut ke 53, Pemprov Sulut melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah (DKPD) bekerjasama dengan JIPS menggelar bersih pantai dan muara sungai tepatnya di sekitar muara sungai Bahu Kota Manado, Jumat (22/09/2017) pagi.

Koordinator JIPS, Rolf Lumintang, melalui Koordinator Lapangan dalam kegiatan bersih pantai dan muara sungai, Alfa Liando mengatakan kegiatan bersih pantai dan muara sungai ini merupakan gelar aksi nyata dalam rangka menciptakan lingkungan yang bersih untuk mewujudkan salah satu program ODSK dibidang lingkungan.
Kadisnakertrans Sulut Ir Erny Tumundo ikut turun dalam aksi bersih pantai dan muara sungai
"Saya mewakili teman-teman JIPS, mengucapkan terima kasih kepada DKPD Sulut yang telah bekerjasama dengan kami (JIPS-red), tak lupa juga kepada SKPD dan instansi bahkan perusahaan lainnya yang telah ambil bagian dalam bersih-bersih pantai saat ini. Intinya kegiatan ini sebagai wujud nyata dari wartawan dalam kepedulian terhadap lingkungan. Mudah-mudahan dengan gelaran aksi nyata ini masyarakat lebih sadar lagi tentang lingkungan, utamanya dalam menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan," bebernya.

Kedepan, harap Alfa Liando dengan kegiatan atau aksi nyata ini masyarakat lebih sadar lagi dalam menjaga lingkungan agar tidak membuang sampah sembarangan demi terciptanya lingkungan bersih yang sehat demi terwujudnya Sulut Hebat yang bersih dari kotoran sampah.
Kepala BPBD Pemkot Manado Drs Max Tatahede ikut ambil bagian dalam aksi berish pantai dan muara sungai dalam rangka HUT Provinsi ke 53
Kepala DKP Sulut Ir Ronald Sorongan disela-sela bersih pantai mengatakan, kegiatan bersih bersih pantai dan sungai ini merupakan salah satu program Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Sulut Drs Steven Kandouw (OD-SK) untuk melestarikan lingkungan pantai dan sungai agar terlihat selalu bersih dari kotoran sampah dan kegiatan bersih pantai ini pula dalam rangka memperingari HUT Provinsi Sulut ke 53.

"Aksi bersih pantai dan sungai sudah merupakan agenda rutin yang digelar setiap bulan oleh pemerintah provinsi Sulawesi Utara. Untuk itu, saya meminta kepada seluruh komponen masyarakat lebih khusus warga Kota Manado, marilah torang bersama sama menjaga, mencintai lingkungan agar terlihat bersih dan sehat menuju Sulut Hebat yang sehat bebas dari kotoran sampah," ungkapnya.
Kepala DPKD Sulut Ir Ronald Sorongan dalalm aksi bersih pantai dan muara sungai
Sorongan berharap kepada seluruh komponen masyarakat dan instansi terkait serta organisasi masyarakat yang ada di daerah ini secara bersama sama dan bersatu padu untuk menunjang program pemerintahan OD-SK serta program Jumpa Berlian dari Pemkot Manado.

Diketahui pelaksanaan bersih-bersih pantai dan muara sungai dilaksanakan di 6 titik, antara lain; Muara Sungai Malalayang, Muara Sungai Pantai Bahu dimana ada dua titik, Jembatan dan di Big Fish, selanjutnya Muara Sungai Sario, Sekitar Jembatan Sindulang, dan Muara Sungai Tumumpa. Selain seluruh SKPD Pemprov dan SKPD Pemkot Manado, juga turun dalam aksi bersih pantai dan muara sungai ini, diantaranya SMK Pelayaran Tanjung Batu serta sejumlah LSM dan Wartawan dengan melibatkan masyarakat setempat. (tim/sulutonline).