Hadiri Upacara HUT TNI Ke-72, Wagub Kandouw: Sinergitas Pemerintah TNI Polri Sulut Patut Dibanggakan

Wagub Kandouw bersama unsur Forkompimda memberikan penghormatan bagi TNI dan masyarakat serta siswa yang mengenakan pakaian Adat Kabasaran dalam parade peringatan HUT TNI ke 72Wagub Kandouw bersama unsur Forkompimda memberikan penghormatan bagi TNI dan masyarakat serta siswa yang mengenakan pakaian Adat Kabasaran dalam parade peringatan HUT TNI ke 72

Manado-Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven OE Kandouw saat menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Kawasan Megamas Manado, Kamis (05/10/2017) mengatakan, sinergitas antara Pemerintah TNI dan Polri terus dijaga dan ditingkatkan demi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. “Kerjasama TNI Polri dan Pemerintah patut kita banggakan, kalau bisa jadi contoh daerah-daerah lain karena sangat sinergitas dalam menjaga daerah Sulawesi Utara,”terang Wagub Kandouw.

Tema kegiatan HUT ke-72 TNI adalah "Bersama Rakyat TNI Kuat” dengan Inspektur Upacara (Irup) Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Santos Gunawan Matondang serta sebagai Komandan Upacara Letkol Armed Gregorius Eka Setiawan.
Parade pasukan tempur dengan pakaian adat Kabasaran
Brigjen TNI Santos Matondang saat membacakan sambutan Pangdam XII Merdeka mengatakan, pimpinan TNI telah melakukan sebaik mungkin untuk mewujudkan prajurit yang disiplin dan profesionalisme. Namun demikian, masih ada prajurit yang melakukan hal – hal yang menyimpang dari norma dan aturan yang berlaku.“Oleh karena itu pada kesempatan yang baik ini atas nama pimpinan TNI dan prajurit yang ada di wilayah Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tengah saya memohon maaf yang sebesar-besarnya.Bersama-sama kita bangun daerah, bersama-sama kita mengatasi segala bentuk kesulitan yang dihadapi masyarakat juga menjaga dan memelihara keamanan, ketertiban dan ketentraman agar tetap kondusif bagi pemerintah daerah untuk membangun demi kesejahteraan masyarakat,” kata Brigjen Matondang.

Usai pelaksanaan upacara, dilanjutkan dengan berbagai atraksi diantaranya drama kolosal Pahlawan Robert Wolter Monginsidi yang dipersembahkan oleh personel TNI, Ormas, siswa/siswi serta masyarakat dibawah binaan Kodam XIII/Merdeka.
AKRAB Wagub Kandouw bersama unsur Forkompimda saat peringatan HUT TNI Ke-72
Ada juga atraksi pesawat terbang dari komunitas aeromodeling Manado dibawah pembinaan Lanud Sri, atraksi beladiri Doubelstik oleh personel Yonarmed 19-105/Bogani bersama ibu-ibu Persit, atraksi Yongmoodo oleh personel dari Yonif Raider 712/Wiratama, atraksi terjun payung (free fall) yang melibatkan 7 orang atlet terjun payung nasional yang berasal dari Provinsi Sulawesi Utara, persembahan beladiri dan senam Trisula Sakti Sulut oleh gabungan TNI, Polri, Ormas dan masyarakat.

Kegiatan diakhiri dengan atraksi pemberantasan terorisme dan pembebasan sandra oleh personel gabungan anti teror dari Yonif Raider 712/Wiratama dan Yonmarhanlan VIII/Bitung, serta penampilan Parade Defile dipimpin Letkol Laut (S) Pongky Artyanto. Puncak upacara peringatan HUT TNI ke-72 di Sulut ditandai dengan pemotongan tumpeng yang diserahkan kepada Prajurit TNI AD, TNI AL dan TNI AU yang telah mengabdi kepada negara selama 8 tahun sampai 32 Tahun.

Turut hadir Kepala Bakamla Sulut Brigjen Maritim Bastomi Sanap SH MBA, Kepala BNNP Sulut Brigjen Pol Charles Ngili, Forkopimda Kabupaten Kota diantaranya Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH DEA, Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan SE, Kapolresta Manado Kombes Pol Hisar Siallagan, Walikota Tomohon Jimmy F Eman, dan berbagai elemen masyarakat. (tim/sulutonline)