Kemenpora Pilih Manado Jadi Tuan Rumah, Walikota GSVL Harap IOXC Berlangsung Lancar dan Sukses

Walikota GSVL memainkan bola basket dengan  memutar di jari telunjuk bersama freestyle basket, BUG salah satu juri IOXC asal JepangWalikota GSVL memainkan bola basket dengan memutar di jari telunjuk bersama freestyle basket, BUG salah satu juri IOXC asal Jepang

Manado-Ini tentunya akan menjadi tontonan menarik bagi warga Kota Manado dan Sulut pada umumnya. Menyusul, selama Tiga hari mulai, Jumat (06/10/2017) besok hingga Minggu (08/10/2017) nanti, Kota Manado akan diramaikan dengan para peserta kejuaraan internasional Indonesia Open X-Sports Championship (IOXC) tahun 2017 yang dilaksanakan di kawasan Megamas, Jalan Piere Tendean Boulevard.

Kegiatan tahunan yang digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) di Kota Manado tahun 2017 itu, sudah yang ke-9 kali. Secara berturut-turut pertama di Bali pada 2007, kemudian Bandung tahun 2008, Makassar tahun 2009, lanjut tahun 2010 di Palembang, dua tahun berturut yakni 2011 dan 2012 tidak ada kegiatan, nanti 2013 dilaksanakan di Jogjakarta, kemudian tahun 2014 di Semarang, tahun 2015 di Bandung, dan tahun 2016 lalu digelar di Serang Banten.
Walikota GSVL saat memberikan sambutan dalam Press Conference Indonesia Open X-Sports Championship (IOXC) tahun 2017  yang akan digelar di Manado sejak Jumat 6 Oktober  hingga 8 Oktober mendatang
"Terpilihnya Manado sebagai tuan rumah penyelenggaraan IOXC tahun 2017 telah melalui seleksi, karena ada juga daerah lain bersedia menjadi tuan rumah. Namun, kami lebih memilih Manado karena responsif pemerintah Kota Manado yang aktif berkomunikasi dengan kami," jelas Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Rekreasi Dr Hamka Hendra Noer MSi didampingi legenda sepakbola nasional yang aktif di IOXC, Bambang Nurdiansyah, dalam Konferensi Pers di Gedung Youth Center, Kamis (05/10/2017) sore.

Lanjut dikatakan, anggaran yang digunakan untuk kegiatan IOXC bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan didukung APBD Kota Manado."Yang jelas anggarannya bersumber dari APBN dan APBD jika di daerah," tandasnya.
Walikota GSVL saat memberikan pernyataan pers terkait pelaksanaan Indonesia Open X-Sports Championship (IOXC) tahun 2017
Sementara, Walikota GSVL berharap kegiatan IOXC di Manado yang merupakan kompetisi pecinta olahraga ekstrem di dunia tersebut, berjalan lancar dan sukses."Saya berharap kegiatan ini berjalan lancar dan sukses tanpa ada gangguan yang menghambat.Terima kasih kepada Kemenpora yang telah menunjuk Manado sebagai tuan rumah IOXC tahun 2017. Kalau ada iven-iven lainnya silahkan dibuat di Manado, kami siap sebagai penyelenggara," tukas Walikota GSVL.

Dirinya meminta Dinas Pariwisata Manado untuk memfasilitasi peserta IOXC untuk menikmati obyek wisata di Kota Manado termasuk di Sulawesi Utara. "Iven ini sangat berpengaruh pada pariwisata di Kota Manado. Apalagi, para peserta yang datang ke Manado dari berbagai negara, mereka akan membantu memviralkan obyek wisata di Manado," tandas Walikota GSVL, didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Manado Laurens Umboh, Kepala Dinas Pariwisata Lenda Pelealu dan Ketua Manado Tourism Board (MTB) Grace Tielman, serta Kadis Kominfo Erwin Kontu. Tampil memperagakan freestyle basket, BUG salah satu juri IOXC asal Jepang, dengan memainkan bola basket berbagai gaya.(tim/sulutonline)