Pdt Henry Runtuwene Pimpin Ibadah Pemakaman Ketua FKDM Manado, Walikota GSVL: Semangat Almarhum Habel Runtuwene Patut Dicontohi

Walikota GSVL dan Ketua TP PKK  Kota Manado Prof DR Paula Lumentut Runtuwene merasa sangat kehilangan atas kepergian Alm Habel RuntuweneWalikota GSVL dan Ketua TP PKK Kota Manado Prof DR Paula Lumentut Runtuwene merasa sangat kehilangan atas kepergian Alm Habel Runtuwene

Manado-Kematian merupakan bagian dari rencana Tuhan yang harus disyukuri keluarga Runtuwene Polii. Apalagi, semasa hidup almarhum telah memberikan teladan yang baik bagi anak-anak dan cucu. Hal itu dikatakan Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, saat menyampaikan sambutan dalam ibadah pelepasan jenazah almarhum Letkol (Purn) Habel Jesaya Runtuwene SE MSi, di Kelurahan Sario Kota Baru, Kecamatan Sario, Jumat (06/10/2017) siang.

Menurutnya, keteladanan yang ditunjukan almarhum harus terus dipelihara keluarga, dan dijadikan motivasi dalam melanjutkan cita-cita dan karya almarhum. Apalagi, anak-anak almarhum telah memiliki kehidupan yang matang. "Almarhum telah meninggalkan teladan yang baik bagi anak-anak dan cucu-cucu. Bahkan semangat pantang menyerah dalam melaksanakan tugas menjadi teladan bagi kita semua," tukas Walikota GSVL.
Wawali Mor saat meletakan karangan bunga diatas peti jenasah Alm Habel Runtuwene
Dikatakan, orang nomor satu di ibukota Propinsi Sulawesi Utara itu, sebagai Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Manado, sepak terjang almarhum patut dicontoh. "Saya kagum dengan semangat almarhum, kegiatan sosialisasi di Kecamatan Bunaken Kepulauan, merupakan kecamatan terakhir yang dikunjungi almarhum sebagai Ketua FKDM Manado dan itu merupakan bentuk tanggung-jawab yang luar biasa serta patut dicontoh," ujar Walikota GSVL.

Ibadah dipimpin Sekretaris Umum Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) Pdt Henry Runtuwene STh MSi, dan dihadiri ratusan pelayat baik dari TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Udara, jajaran Pemerintah Kota Manado, Satuan Polisi Pamong Praja Manado, PD Pasar Manado, para veteran dan pensiunan, serta handai taulan dan kerabat almarhum.
Puji -pujian Pemkot Manado yang dipimpin GSVL-Mor
Sebelum dimakamkan di Tomohon, jenazah mantan anggota DPRD Kabupaten Minahasa tersebut disemayamkan di gereja GMIM Getsemani Sario Kota Baru. Hal ini berkaitan dengan jabatan almarhum sebagai Wakil Ketua Badan Pekerja Majelis Jemaat (BPMJ) Getsemani Sakobar. Almarhum Letkol (Purn) Habel Jesaya Runtuwene SE MSi, memiliki dua orang anak yang bertugas di TNI AU yakni Kolonel Rudy Runtuwene dan Letkol Johny Runtuwene, sedangkan dua anak yang lain mengabdi di Manado yakni Xaverius Runtuwene SIP sebagai Kepala Satpol PP Manado dan Evaline Runtuwene bekerja di PD Pasar Manado.

Tampak hadir Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE, Dandim 1309 Manado Letkol ARM Toar Pioh, Ketua DPRD Manado Nortje Henny Van Bone, mewakili Komandan Pangkalan Udara Sam Ratulangi (Lanudsri) serta para pejabat Pemkot Manado, Camat dan Lurah se-Kota Manado.(tim/sulutonline)