Paparkan Kondisi Manado Dalam Seminar GMIJ Jepang, GSVL: Semua Berkat Terobosan Gubernur Olly Dondokambey

Sambutan hangat warga Kawanua di Jepang atas kehadiran Walikota GSVL bersama rombongan di HUT ke-18 Gereja Masehi Injili di Jepang yang dilanjutkan dengan seminar (Foto Ist)Sambutan hangat warga Kawanua di Jepang atas kehadiran Walikota GSVL bersama rombongan di HUT ke-18 Gereja Masehi Injili di Jepang yang dilanjutkan dengan seminar (Foto Ist)

Manado- Hebat ! Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut saat menjadi pembicara dalam perayaan HUT ke-18 Gereja Masehi Injili Jepang (GMIJ) Jemaat ‘Betlehem Baru’ Oarai, Minggu (08/10/2017), secara gamblang memaparkan kondisi terkini Ibukota Provinsi Sulut – Manado dihadapan warga yang ikut dalam seminar tersebut.

“Sekarang ini Kota Manado makin banyak diserbu Turis berkat Pak Gubernur Sulut Olly Dondokambey, yang melakukan terobosan mendatangkan turis dari China,”ungkap GSVL seraya menjelaskan tentang kalender iven Pariwisata, Manado Fiesta 2017 yang baru selesai pertengahan September.

Sebelumnya, Walikota GSVL memaparkan kondisi Kota Manado pasca diporak porandakan peristiwa bencana banjir bandang 15 Januari 2014 silam hingga wajah Kota Manado saat ini.“Termasuk Kota Manado di masa akan datang dengan program-program yang sudah disiapkan pemerintah,” jelas GSVL.

Ratusan warga yang hadir, antara lain Jemaat GMIJ Betlehem, jemaat GMlM Betlehem Baru, Jemaat Gereja Interdenominasi Injili Indonesia (GIII) Oarai, IFGF-GISI Oarai dan Umat Katolik ‘St. Joseph Pelindung Pekerja’ di Oarai, termasuk warga Manado dari Tokyo, Oyama dan Ami. Juga Ketua UCCJ, Pdt Takahiza Yamamoto ThM, anggota Parlemen Jepang, Yukihisa Fujita dan Ketua BPMJ GMIJ Betlehem Oarai, Pdt. Anna Rorimpandey ikut mendengarkan dengan saksama materi dibawakan Walikota Manado dua periode tersebut.

Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut sendiri diundang khusus Ketua United Church of Christ in Japan (UCCJ), Pdt Takahiza Yamamoto ThM membawakan materi pada seminar HUT ke-18 GMIJ.

Warga Kawanua di Jepang menurut GSVL, sangat terbantu dengan peran Pdt Takahiza Yamamoto. Mulai dari masalah keimigrasian hingga kesehatan tak lepas dari perhatian Ketua UCCJ tersebut. Pdt Yamamoto yang mencari dan mendatangkan orang-orang Sulut keturunan Jepang di Sulut dan datang bekerja di Jepang.

“Beliau sampaikan kepada saya, masih mencari orang-orang keturunan Jepang di Sulut yang belum dia temukan untuk diajak datang ke Jepang. Jadi mereka datang dan difasilitasi untuk kerja di Jepang,”terang GSVL terkait peranan Yamamoto bagi warga Kawanua di Jepang, seraya menyebutkan, usai seminar diadakan jamuan makan dengan suguhan makanan khas Minahasa. (tim/sulutonline).