Wagub Kandouw Ajak Warga Buang Sampah Pada Tempatnya

Wagub Kandouw didampingi Sekdaprov Silangen saat melepas balon dalam gelaran bersih pantai dan apel relawanWagub Kandouw didampingi Sekdaprov Silangen saat melepas balon dalam gelaran bersih pantai dan apel relawan

Manado-Apel relawan dan bersih-bersih sungai diseputaran pantai Boulevard, Jumat (20/10/2017) dipimpin langsung Wakil Gubernur Sulut Drs Steven Kandouw. Gerakan pengurangan resiko bencana dan apel relawan serta bersih-bersih sungai ini, digagas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi (BPBD) Sulut dan dihadiri Sekdaprov Sulut Edwin Silangen, Forkopimda dan Kepala SKPD jajaran Pemprov Sulut.

Wagub Kandouw dalam sambutannya mengatakan, dalam semangat, upaya, ikhtiar, tujuan dan rencana dalam konteks penanggulangan resiko bencana bukan hanya tugas pemerintah tapi seluruh komponen masyarakat."Untuk itu, saya mengapresiasi jajaran BPBD yang sudah mengorganisir acara ini, yang mampu menghadirkan komponen masyarakat, stakeholder dalam upaya semangat, ikhtiar dalam upaya penanggulangan resiko bencana," ucapnya.
Wagub Kandouw saat memimpin apel relawan dan bersih bersih pantai
Tak lupa juga Wakil Gubernur mengingatkan kembali kepada masyarakat kota Manado untuk sadar akan kebersihan lingkungan."Karena kebersihan lingkungan itu sangat penting dalam upaya melestarikan lingkungan pantai dan sungai yang ada di sejumlah titik di kota Manado. Kita menyadari bersama bahwa sampah di kota Manado sudah sampai di titik rawan. Untuk itu saya minta kesadaran masyarakat untuk buang sampah pada tempatnya agar tercipta lingkungan bersih dan nyaman,"ingatnya.

Sementara itu Kepala BPBD Sulut Noldy Liow mengatakan, apel relawan dan kegiatan bersih sungai ini, bagian dari suatu kegiatan sekolah sungai secara keseluruhan."BPBD Sulut melaksanakan sekolah sungai yang sudah sejak bulan September dan diakhiri dengan apel relawan dan bersih sungai. Sekolah sungai ini terus kami sosialisasikan kepada masyarakat melibatkan seluruh perangkat desa di Kecamatan Malalayang, sesudah gelar sosialisasi kita melaksanakan apel relawan dan bersih sungai selanjutnya kita melepas ikan di sungai Bahu dan menanam pohon," ujarnya.
Penyerahan bibit pohon secara simbolis oleh Wagub Kandouw
Dalam kesempatan itu juga Wagub Kandouw secara simbolis membagikan bibit pohon untuk ditanam. Diketahui pada apel relawan dan bersih sungai melibatkan 1000 peserta yang tersebar di 10 titik sungai yang ada di wilayah kota Manado.(tim/sulutonline).