Pemprov Sulut Siap Tingkatkan Kinerja PLD 12 Kabupaten Kota

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sulut, Roy Mewoh SH MMKepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sulut, Roy Mewoh SH MM

Manado-Dalam menunjang program pemerintah dikaitkan dengan program OD-SK di Provinsi Sulawesi Utara, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sulut melakukan terobosan dengan siap melakukan relokasi Pendamping Lokal Desa (PLD) dari 12 Kabupaten kota dalam meningkatkan kinerja serta peran aktif di masyarakat. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemprov Sulut, Roy Mewoh SH MM, Kamis (26/10/2017).

Lanjut Mewoh, sampai saat ini dalam evaluasi seluruh PLD melakukan tugas yang baik berdasarkan aturan yang ada, namun diperlukan terobosan dan semangat baru dalam membuat suatu program terkait dengan dana desa agar semua pro rakyat dan hasilnya untuk mensejahterakan masyarakat desa.

Dijelaskannya pula, ada desa yang telah dinilai bakal dikembangkan menjadi desa wisata, karena pengelolaan dana desa sangat tepat bahkan mempunyai inovasi dan terobosan yang baru serta dalam membawa masyarakat semakin sejahtera sehingga program Operasi daerah Selesaikan Kemiskinan (OD-SK) dapat terus berkembang dalam membawa Sulut semakin hebat.

Ditambahkan Mewoh, dari semua terobosan yang ada, memang masih ada PDL yang belum dapat berinovasi, sehingga diperlukan relokasi agar dapat membawa perubahan baik untuk PLD itu sendiri serta masyarakat, karena kemungkinan bila dilokasi baru PLD itu bisa berinovasi dan menciptakan hal baik guna menunjang program lewat dana desa dalam menggali kearifan lokal maka disitulah diperlukan penyegaran bagi seluruh PLD yang ada agar mampu berkolaborasi dan bersinergi dengan pemerintah dan masyarakat dalam menunjang program pemerintah. (tim/sulutonline)