Penghapusan Jabatan Struktural Dalam RUU ASN Sebaiknya Dipertimbangkan

Sekdaprov Sulut Ir SR Mokodongan saat diwawancarai wartawanSekdaprov Sulut Ir SR Mokodongan saat diwawancarai wartawan


Manado-
Penghapusan jabatan struktural eselon dalam Rancangan Undang-undang Aparatur Sipil Negara (ASN) terus menjadi polemik di Indonesia. Bahkan Sekdaprov Sulut Ir SR Mokodongan berharap agar bisa dipertimbangkan terkait karir nasib Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Kami berharap klausula ini bisa dipertimbangkan lagi. Apalagi penempatan jabatan structural, dilihat dari karis seorang PNS yang sudah dibangun dengan susah payah dari bawah," kata Mokodongan, Jumat (20/04).

Diketahui, jajaran pemerintahan Pemprov Sulut saat ini memiliki sekitar 1.080 jabatan struktural serta sekitar 808 pejabat yang menempati jabatan fungsional."Sudah pasti akan terjadi penumpukan kalau dialihkan ke jabatan fungsional. Karena itu kami berharap penghapusan jabatan struktural ini dipertimbangkan lagi dengan arif dan bijaksana," katanya.

Mokodongan mengatakan, berkaitan dengan RUU ASN ini, akan menjadi salah satu agenda pembahasan dalam forum sekretaris daerah yang akan dilaksanakan bulan ini di Kota Manado.

"Dalam forum sekda akan kita bicarakan mengenai masalah ini," katanya.

Saat kunjungan kerja dan bertatap muka dengan pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Rabu (18/04) lalu, Komisi II DPR-RI meminta pandangan mengenai RUU ASN kepada pemerinta provinsi. Pemerintah dalam jawaban tertulisnya memandang tidak mudah melakukan perombakan total sistem birokrasi yang berkaitan dengan menejemen kepegawaian dan menejemen pemerintahan nasional.

Kalaupun hal itu harus dilakukan, pemerintah provinsi berharap itu dilakukan bertahap dan perlu melibatkan dan mengajak bicara PNS di daerah. Pandangan lainnya yang disampaikan secara tertulis kepada DPR-RI adalah dalam RUU ASN tidak menerangkan bagaimana nasib dan pola pengembangan karir PNS serta kesejahteraan yang akan masuk dalam jabatan adminsitratif. (Tim/sulutonline).

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options

By submitting this form, you accept the Mollom privacy policy.