Canangkan BBGRM dan HKG PKK di Bengkol, Walikota GSVL Ingatkan Peranan Ibu PKK Untuk Keutuhan Keluarga

Ketua TP-PKK Kota Manado Prof DR Julyeta PA Lumentut Runtuwene MS DEA saat memberikan sambutan dalam pencanangan BBGRM dan HKG PKK di BengkolKetua TP-PKK Kota Manado Prof DR Julyeta PA Lumentut Runtuwene MS DEA saat memberikan sambutan dalam pencanangan BBGRM dan HKG PKK di Bengkol

Manado-Peranan isteri-isteri pejabat yang aktif dalam organisasi Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) dalam menjaga keutuhan keluarga sangat penting. Sehingga, perlu adanya inovasi yang kreatif dari anggota TP-PKK dalam meramu program untuk pemberdayaan keluarga. Hal itu dikatakan Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, saat menyampaikan sambutan pada acara Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-14 dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-45, di Kelurahan Bengkol, Kecamatan Mapanget, Rabu (15/11/2017) sore.

Menurutnya, TP-PKK merupakan wadah untuk mengembangkan kreatifitas dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. “Ibu-ibu PKK harus mampu mengembangkan kreatifitasnya serta mampu menjaga keutuhan keluarga. Hindari terjadinya percekcokan dalam keluarga yang ujung-ujungnya mengarah pada keretakan rumah tangga,” tandas Walikota GSVL.
Walikota GSVL saat menyalami Ketua TP-PKK Kota Manado Prof DR Julyeta PA Lumentut Runtuwene MS DEA
Disamping itu, selaku pemimpin Kota Manado dirinya mengajak peran seluruh komponen yang ada di kota ini, termasuk TP-PKK untuk ikut menyelamatkan Taman Laut Bunaken. Apalagi, Bunaken merupakan masa depan Manado. “Mari sama-sama kita jaga dan lestarikan Taman Laut Bunaken. Sekarang ini, taman laut kita punya saingan yakni Raja Ampat dan Wakatobi. Mereka juga punya taman laut yang sama dengan kita, hanya saja kita kurang gaungnya dan laut kita mulai dipenuhi sampah. Oleh karena itu, kita punya tanggung jawab yang besar untuk ikut menjaga kelestariannya,” tukas Walikota GSVL.
Walikota GSVL menyalami Wawali Mor
Tahun 2018 mendatang, tambah orang nomor satu di Manado itu, Pemerintah Kota Manado akan membentuk Kampung Wisata di Kecamatan Bunaken Kepulauan. Masyarakat di kampung tersebut, akan dibina cara mengelola industri pariwisata berbasis rumah tangga seperti pembuatan souvenir, pengelolaan cottage dan home stay dan lainnya. Selain itu, akan di bangun pula Kampung Bebas Narkoba dan Kampung Taat Hukum.

“Pembentukan Kampung Wisata, Kampung Bebas Narkoba dan Kampung Taat Hukum di Kota Manado bertujuan untuk mengajak peran masyarakat dalam mendukung program pemerintah termasuk upaya-upaya menyelamatkan Bunaken dan menyelamatkan generasi muda kita dari bahaya Narkoba,” pungkas Walikota GSVL.
 GSVL-Mor menyaksikan penyerahan hadiah oleh Ketua TP PKK dan Wakil Ketua TP PKK dan Ketua DWP Manado
Dalam acara tersebut ditetapkan Kelurahan Terbaik yakni terbaik pertama Kelurahan Bengkol, Kecamatan Mapanget, terbaik kedua Kelurahan Wanea, Kecamatan Wanea, dan terbaik ketiga Kelurahan Malalayang Satu Barat, Kecamatan Malalayang. Penyerahan hadiah dilakukan Walikota GSVL, Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE, Ketua TP-PKK Kota Manado Prof DR Julyeta PA Lumentut Runtuwene MS DEA, Wakil Ketua TP-PKK Kota Manado Imelda Bastiaan Markus SE, dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Ny Rum Usulu.
GSVL-Mor disambut secara adat oleh warga Bengkol
Acara BBGRM ke-14 dan HKG PKK ke-45 tingkat Kota Manado yang dilaksanakan Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Manado dibawah pimpinan Kadis Drs Sammy Agust Rein Kaawoan tersebut, diakhiri dengan penanaman pohon buah. Tampak hadir sejumlah pejabat kepala Perangkat Daerah, para Camat se-Kota Manado, para lurah se-Kecamatan Mapanget serta tokoh masyarakat dan tokoh agama di Kecamatan Mapanget.(tim/sulutonline)